Gampong Peunyerat Gelar Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba

BANDA ACEH—Pemerintahan Gampong Peunyerat kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh menggelar Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba pada Kamis (8/8/2019) bertempat di salah satu warung kopi gampong setempat.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Dengan Penyuluhan Narkoba Kita Jadikan Gampong Peunyerat Menjadi Gampong Bebas Narkoba”, diikuti oleh remaja dan ibu-ibu serta para pemuda dengan mengundang narasumber dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Aceh.

Keuchik gampong Peunyerat, Ismed Fadhillah mengatakan sasaran kegiatan ini adalah untuk ibu-ibu dan para remaja yang beranjak dewasa. “Menurut informasi untuk kalangan ini banyak didapati penggunaan narkoba baik langsung maupun tidak langsung,” katanya.

“Tujuan dari penyuluhan ini untuk memberi pemahaman kepada masyarakat gampong Peunyerat tentang bahaya narkoba supaya dapat menghindari agar tidak tersangkut dan penyalahgunaan narkoba tersebut,” harapnya.

Narasumber BNNP Aceh, Ners Rosdiana SKM SKep memaparkan bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merupakan sebuah fenomena global yang sangat menakutkan dan sangat membahayakan bagi bangsa dan Negara.

“Dampak buruk penggunaan narkoba ini juga sudah menyentuh hampir ke seluruh masyarakat di semua golongan,” sebutnya.

Bahkan, lanjut Ners Rody narkoba ini perkembangannya sudah merambah ke segala tempat juga telah sampai di sekolah- sekolah baik di SD,SLTP, SLTA dan juga di perguruan tinggi.

Dikatannya kalau kondisi ini terus berlanjut akibatnya adalah menurunnya kualitas generasi muda yang berarti akan mengurangi aset bangsa.

Ners Rody menambahkan kondisi ini tentu merupakan masalah besar bagi remaja dan orangtua. Untuk itu persyaratan utama untuk terhindar dari narkoba adalah dengan cara “mencegah”.

“Karena kalau sudah kecanduan narkoba tidak ada kata “sembuh”, yang ada hanya kata “pulih”, yang setiap saat bisa relapse kembali,” tutup Ners Rody.

Turut hadir Wakapolsek, Kanit Shabara, Kanit Bimas, Kanit Provost, dan Babinsa Pos Koramil kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh. (ra)