Sterling Hat-trick, Kane dan Rashford Dua Gol pada Pekan Pembuka

Anthony Martial dan Marcus Rashford sama-sama mencetak gol ketika Manchester United membantai Chelsea 4-0 (11/8). (instagram manchester united)

Harianrakyataceh.com – Pekan pembuka Premier League 2019–2020 menyuguhkan aksi pamer pemburu golden boot. Dari big six, langganan pendulang gol seperti Mohamed Salah (Liverpool), Sergio Aguero dan Raheem Sterling (keduanya Manchester City), Harry Kane (Tottenham Hotspur), hingga Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) sudah membuka keran gol masing-masing.

Setelah Salah-Aguero (masing-masing satu gol) dan Sterling (hat-trick), Kane mencetak brace ketika Spurs menang 3-1 atas tim promosi Aston Villa. Masing-masing dicetak pada menit ke-86 dan ke-90. Sementara itu, gol Aubameyang (58′) mengantarkan The Gunners menang 1-0 atas Newcastle di St James’ Park.

Bintang muda Manchester United Marcus Rashford juga tidak mau kalah. Dia mencetak dua gol ketika Setan Merah membantai Chelsea 4-0 di Old Trafford (11/8). Striker 21 tahun itu mencetak gol melalui titik penalti pada menit ke-18 dan gol dari open play pada menit ke-67. Dua gol lainnya dicetak Anthony Martial (65′) dan Daniel James (81′).

Sebelum Premier League bergulir, rumah bursa William Hill memprediksi enam nama yang difavoritkan meraih gelar golden boot. Kane menempati posisi teratas dengan koefisien 4/1. Disusul peraih dua musim beruntun, Salah (Liverpool) dengan angka 5/1 dan Aubameyang di peringkat ketiga dengan angka 7/1. Kemudian, ada Sadio Mane (Liverpool) dengan angka 11/1. Sterling menempati peringkat kelima dengan angka 14/1. Yang paling buncit adalah bomber Leicester City Jamie Vardy dengan koefisien 20/1. Dari enam besar versi William Hill, cuma Mane dan Vardy yang gagal mencetak gol di pekan pembuka.

Pelatih Spurs Mauricio Pochettino kepada Football Londonmengungkapkan, langsung grengnya penampilan Kane tak terlepas dari periode istirahat yang panjang. Tak seperti tahun lalu, saat habis-habisan membela Inggris di Piala Dunia 2018, musim panas tahun ini HurriKane hanya membela The Three Lions di semifinal UEFA Nations League. ”Mencetak dua gol di laga pembuka menunjukkan betapa tajamnya Harry (Kane) saat ini. Jika saja dia tak mencetak gol periode Agustus, semua akan mengkhawatirkannya,” kata Poche.

Menikah sebelum pramusim bergulir dan membuat gol indah dari tengah lapangan dalam laga pramusim melawan Juventus (21/7) turut menaikkan mood Kane. ”Secara psikologis, Harry menjalani periode yang penuh kegembiraan,” lanjut Poche.

Sementara itu, setelah menjadi pahlawan kemenangan Arsenal, Aubameyang memberikan sinyal siap bersaing di jajaran golden boot. Musim lalu Auba meraihnya bersama Salah dan Mane. ”Tapi, kepentingan tim lebih penting,” tegasnya kepada BT Sport.

Daftar Pencetak Gol Premier League

3 Gol

Raheem Sterling (Manchester City)
2 Gol
Ashley Barnes (Burnley), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Marcus Rashford (Manchester United)