Lahir 17 Agustus Tak Perlu Antre di Imigrasi

SURABAYA (RA) – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tanjung Perak, Surabaya, memberikan pelayanan khusus kepada pemohon yang lahir pada 17 Agustus. Pemohon tersebut tidak perlu daftar antrean online. Bisa langsung walk-in ke kantor imigrasi dan permohonan paspor langsung diproses.

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Tanjung Perak Arief Hanafi menyatakan, pelayanan tersebut mulai berlaku pada 12–16 Agustus. Layanan khusus itu pun terbatas. Hanya bagi 10 pemohon pertama setiap hari pemberlakuan tersebut. ’’Meskipun lahir 17 Agustus, namun yang datang hari ini sudah sepuluh misalnya, pemohon bisa datang langsung besok. Pokoknya sepuluh pemohon pertama,’’ jelas Arief.

Kasi Lalu Lintas Keimigrasian Tanjung Perak Guntur Sahat Gamonangan menuturkan, persyaratan yang harus dibawa tetap sama seperti persyaratan pada umumnya. Hanya, pemohon tinggal menghubungi petugas di kantor dengan menunjukkan bukti kelahiran lewat berkas persyaratan yang dibawa. ’’Paspor tetap dibayar sesuai tarif biasa dan empat hari kerja paspor langsung bisa diambil,’’ kata Guntur.

Guntur menambahkan, pelayanan itu disosialisasikan jauh-jauh hari agar banyak pemohon yang memanfaatkan program layanan spesial tersebut. Layanan itu sekaligus bertujuan untuk melayani pemohon yang belum mendapat kuota daftar antre online. ’’Ini sedikit meringankan beban yang antre dan server yang ada,’’ ujarnya.

Kuota pelayanan reguler di Kanim Perak masih 50 per hari. Pihaknya belum berani menaikkan kuota tersebut karena sistem memang belum stabil. ’’Bahkan untuk melayani kuota 50 itu saja, petugas harus lembur. Petugas pulang sore. Pukul 19.00 datang lagi ke kantor untuk menyelesaikan proses keimigrasian 50 pemohon itu,’’ kata Guntur. (jawa pos)