Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 18 Aug 2019 14:22 WIB ·

Angin Puting Beliung Porak Poranda Lima Kampung di Aceh Barat


 Angin Puting Beliung Porak Poranda Lima Kampung di Aceh Barat Perbesar

harianrakyataceh.com (RA) –  Lima perkampungan dalam Kecamatan Sungai Mas diobrak-abrik angin puting beliung. Sedikit 12 rumah dipastikan rusak parah, selebihnya hanya mengalami rusak ringan. Minggu (18/8).

Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, usai menerima laporan bencana tersebut, langsung menuju lokasi perkampungan yang diobrak-abrik oleh angin puting beliung, dengan membawa instansi Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial setempat.

Ia juga perintahkan kedua instansi tersebut untuk bergerak cepat melakukan penanganan darurat, berupa menyalurkan tenda-tenda dan penanganan masa panik. “Salurkan tenda dan penanganan masa panik semaksimal mungkin,” perintah Ramli MS.

Bupati yang berada di tengah masyarakat korban bencana puting beliung, juga terlihat berusaha menenangkan warga untuk bersabar menghadapi cobaan demikian, lantaran rumah menjadi kediaman mereka mengalami rusak parah. “Tenang, sabar, terpenting tidak ada korban jiwa,” ucapnya sambil mengelus pundak korban puting beliung.

Ia meminta BPBD dan Dinsos segera melakukan pendataan secara terperinci terkait jumlah korban bencana angin puting beliung ini, mulai dari rumah rusak berat dan ringan. “Data awal masuk, minimal 12 rumah yang telah pasti masuk kategori rusak parah,” detilnya.

Selanjutnya, instansi terkait sedang melakukan pendataan secara terperinci. Lima desa yang diobrak-abrik angin puting beliung, Desa Gedong, Desa Sarah Perlak, Desa Langcong, Desa Tutut, dan Desa Tungkop.

Rata-rata, sambung Ramli MS, kondisi rusak yang terjadi di rumah penduduk, bagian atap dan dinding bagian atas. “Rata-rata atap nya terbang dibawa angin,” sebutnya.

Meskipun telah dilanda musibah, Ramli MS masih mengucapkan syukur Alhamdulillah, lantaran tidak sampai berjatuhan korban jiwa di tengah masyarakat pedalaman Aceh Barat itu.(den)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kadispora Simeulue: Fasilitas Hanya Jomblo Tapi Semangat Atlet untuk Latihan Sangat Militan 

27 March 2024 - 21:28 WIB

Tim SAR gabungan kembali temukan 6 mayat warga Rohingya di Aceh Jaya, total sudah 9 jenazah

26 March 2024 - 14:38 WIB

Apartemen Kepiting Ala Danlanal Simeulue

25 March 2024 - 21:51 WIB

Polisi Serahkan Berkas Kasus Oknum Timses Caleg Coblos 2 Kali ke Jaksa

21 March 2024 - 14:40 WIB

Kemenpora RI Percayakan Simeulue Gelar Kejuaraan Antarkampung

20 March 2024 - 16:57 WIB

Polres Abdya Ungkap Kasus Selama 2024

19 March 2024 - 20:07 WIB

Trending di NANGGROE BARAT