Sony Pastikan Spider-Man sudah Lepas dari Marvel Studios

Spider-Man tidak akan lagi tergabung dalam Marvel Cinematic Universe (Istimewa)

Harianrakyataceh.com – Keputusan Sony untuk berpisah dengan Disney dan Marvel Studios sepertinya sudah tak tergoyahkan. Secara resmi, mereka mengumumkan bahwa franchise film Spider-Man sudah lepas dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Untuk diketahui, Spider-Man dikabarkan tidak akan lagi tampil di dalam MCU setelah Sony dan Disney memutuskan berpisah lantaran tidak tercapainya kesepakatan soal pembagian hasil pendapatan sebesar 50-50 untuk film-film solo Spider-Man berikutnya. Perseteruan ini mulai mencuat setelah Spider-Man: Far From Home meraih kesuksesan besar dan meraup pendapatan 1,1 miliar dolar.

Sony, sebagai pemilik asli franchise Spider-Man ingin mendapat bagian yang lebih besar. Keinginan ini sebetulnya didasari oleh perjanjian awal ketika mereka sepakat meminjamkan Spider-Man untuk Disney, di mana Sony akan tetap memegang kendali penuh selama Spider-Man bermain film solo. Disney baru boleh ikut campur ketika Spider-Man tampil bersama para karakter MCU lainnya.

Penolakan bagi hasil 50-50 dengan Disney pun membuat perusahaan raksasa tersebut ikut ambil sikap. Mereka tidak mau mengikuti perjanjian awal dengan Sony. Alhasil, kedua perusahaan besar itu pun memutuskan bercerai.

Keputusan ini diberikan Sony melalui akun Twitter resmi mereka, @SonyPictures. Mereka memberikan jawaban yang gamblang lewat tiga tweet ihwal nasib Spider-Man di masa depan.

Sony menulis bahwa perpisahan ini sebetulnya tidak mereka inginkan. Bagaimanapun, mereka tetap menganggap bos Marvel Studios Kevin Feige betul-betul punya tangan dingin dalam menggarap film superhero yang tergabung di dalam MCU, termasuk Spider-Man.

“Kami tentu sangat kecewa (berpisah dengan Disney, Red), tapi kami juga harus menghargai keputusan Disney untuk tidak lagi mengikutsertakan Feige dalam menangani Spider-Man di film-film berikutnya,” tulis admin akun @SonyPictures.

Meski masih berharap Feige bisa ikut bekerjasama, Sony merasa bahwa dengan jadwal padat yang sudah disusun sedemikian rupa, Feige tentunya juga akan menemukan kesulitan jika harus memegang film terbaru Spider-Man di masa mendatang nanti.

“Apalagi, (status Spider-Man) saat ini sudah bukan milik mereka lagi,” katanya.

Di akhir tweet, Sony mengatakan bahwa mereka akan meneruskan kisah Spider-Man sebagaimana yang sudah direncanakan bersama dengan Feige. “Kami menghargai bantuannya selama ini. Dia orang yang hebat. Kami sangat senang dia bisa membantu kami menemukan jalan yang akan kami teruskan sendiri mulai sekarang,” tutupnya.

Bisa ditebak, rangkaian tweet tersebut langsung diserbu oleh para netizen dari berbagai penjuru dunia. Mereka tetap merasa tidak seharusnya Spider-Man berpisah dari para superhero Avengers. Beberapa dari mereka bahkan memprediksi film-film Spider-Man yang berikutnya akan kehilangan sentuhan magis Feige dan bakal gagal di pasaran.

Editor : Banu Adikara