Kondisi Papua Berangsur Kondusif, Ali Ngabalin Puji Antisipasi Cepat Walikota Jayapura

Ali Ngabalin puji kerja cepat Pemerintah Jayapura dalam mengatasi kerusuhan/RMOL

Harianrakyataceh.com – Kondisi keamanan di Papua pacsaunjuk rasa yang berbuntut kerusuhan sudah berangsur normal. Suasana kondusif telah berhasil dikembalikan.

Demikian yang disampaikan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin saat ditemui Kantor Berita Politik RMOL di Kawasan Menteng, Jakarta.

“Kondisi hari ini, baik di Kotaraja maupun Jayapura sangat aman. Sudah alhamdulillah,” kata Ngabalin, Jumat (30/8).

Ngabalin turut mengapresiasi langkah cepat dan tepat yang dilakukan oleh Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, dalam mengatasi masalah demonstrasi massa yang terjadi.

“Sore ini jam setengah empat tadi ada pertemuan Walikota dengan para Pendeta, Pastor, pimpinan gereja, dan beberapa kepala suku di Jayapura juga,” imbuhnya.

“Jadi itu langkah-langkah untuk membangun kerja sama opinion leader, tokoh, luar biasa antisipasinya. Kerja Pak Walikota luar biasa,” puji Ngabalin.

Sebelumnya Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang berlokasi di Kotaraja, Distrik Abepura, Papua, dibakar massa yang sedang melakukan aksi demo, Kamis (29/8).

Di hari yang sama, aksi demo juga terjadi di kawasan Expo, Waena, Jayapura, Papua. Aksi tersebut sempat berlangsung anarkis, membuat pihak keamanan terpaksa menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. 

EDITOR: AGUS DWI