Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 1 Sep 2019 01:35 WIB ·

Cegah Narkoba, BNNP Aceh Bersinergi Dengan BUMN


 Cegah Narkoba, BNNP Aceh Bersinergi Dengan BUMN Perbesar

Banda Aceh (RA) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menggandeng Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Negara (FK-BUMN) untuk melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan dan rehabilitasi korban narkoba.

Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, mengatakan dengan dukungan BUMN tersebut, maka program pencegahan dan rehabilitasi korban narkoba tersebut akan lebih maksimal.

“Pencegahan narkoba bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab BNN, tetapi juga semua elemen bangsa, termasuk BUMN. Dengan adanya dukungan BUMN, kami optimistis program pencegahan narkoba akan lebih optimal lagi,” kata Faisal Abdul Naser.

Pernyataan tersebut dikemukakan Faisal Abdul Naser dalam pertemuan BNNP Aceh dengan Forum Komunikasi BUMN Aceh yang diketuai Ediwardo Ritonga di Aula Kantor BNNP Aceh, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Dia mengatakan, Aceh sudah berstatus darurat narkoba. Selain dikenal sebagai penghasil ganja, Aceh juga sudah menjadi daerah tujuan peredaran sabu-sabu dari luar negeri.

“Kalau dulu, Aceh sebagai daerah transit sabu-sabu dari luar negeri. Selanjutnya diedarkan ke sejumlah daerah di Indonesia. Kini, berubah menjadi daerah tujuan peredaran sabu-sabu,” jelas Brigjen Pol. Faisal dihadapan Peserta FK-BUMN Aceh.

Selain itu, kata dia lagi, korban pengguna narkoba yang membutuhkan penyembuhan dan rehabilitasi di Aceh mencapai 73 ribu orang. Jika, persoalan ini ditangani sendiri, jelas BNNP Aceh tidak mampu.

“Karena itu, kami mengajak BUMN bersinergi dengan BNNP Aceh dan semua para pemangku kebijakan berpartisipasi aktif mendukung program pencegahan narkoba serta rehabilitasi korban penyalahgunaannya,” kata Faisal Abdul Naser.

Ketua FK BUMN Ediwardo Ritonga menyambut baik sinergi BNNP Aceh dengan pihaknya dalam mendukung program pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dukungan yang diberikan semata-mata untuk menyelamatkan masyarakat dan generasi muda Aceh dari bahaya narkoba.

“Kami tentu mendukung upaya-upaya BNNP Aceh mencegah dan memberantas peredaran serta penyalahgunaan narkoba. Dukungan ini juga bagian dari BUMN hadir untuk negeri,” ujar Ediwardo Ritonga.

Ediwardo menyebutkan, dukungan yang diberikan bisa dalam bentuk program CSR, sosialisasi pencegahan narkoba, atau dalam bentuk lainnya. Dukungan ini untuk mempercepat Aceh bebas narkoba.

“Dukungan ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat Aceh dengan mendukung program pencegahan serta rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba,” kata Ediwardo Ritonga yang juga Senior Agensi Manajer PT Asuransi Jiwasraya Aceh.

Sekretaris FK BUMN Ferry Hariawan mengatakan, dukungan yang diberikan yakni sosialisasi pencegahan, rehabilitasi korban narkoba, serta program alternatif development, menggantikan penanaman ganja ke tanaman produktif lainnya.

“Untuk rehabilitasi, kami akan mendukung pembangunan panti rehabilitasi yang sudah dibangun pemerintah provinsi, namun belum rampung. Panti ini nantinya untuk korban narkoba yang belum terkena pidana,” ujar Ferry Hariawan.

Untuk program alternatif development, kata dia, BNNP Aceh fokus di tiga kabupaten, yakni Aceh Besar, Bireuen, dan Gayo Lues. Program ini untuk mengajak mereka yang dulunya menanam ganja beralih ke tanaman lainnya.

“Misalnya menanam jagung maupun tanaman bernilai ekonomis lainnya, termasuk beternak ayam maupun lainnya. Tujuannya agar mereka tidak lagi menanam ganja,” kata Ferry i# pula.

#stopnarkoba
#humasbnnpaceh/rell(za)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bulan Ramadan, Ditsamapta Polda Aceh Bagikan Sembako dan Takjil 

29 March 2024 - 21:34 WIB

Ekonomi Syariah Aceh Mulai Bangkit

29 March 2024 - 19:38 WIB

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran

29 March 2024 - 18:05 WIB

Luncurkan Markas di Tanah Rencong, Wamenkominfo: Upaya Perkuat Ekosistem Startup di Aceh

29 March 2024 - 10:58 WIB

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Trending di EKBIS