Ribuan Siswa Ikut Pawai Tahun Baru Islam

Siswa peserta pawai karnaval 1 Muharram 1441 Hijriah, yang diikuti 5.000 peserta dari 125 sekolah. IKHSAN/RAKYAT ACEH

MEUREUDU (RA) – Kurang lebih 5000 siswa dari 125 sekolah tingkat RA/TK SD/MI di Kabupaten Pidie Jaya mengikuti pawai peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriah, Minggu (1/9). Kegiatan ini dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten setempat.

Pawai karnaval diikuti 5.000 siswa dari 61 sekolah RA/TK dan 64 sekolah SD/MI di pusatkan di Masjid Tgk Chik Pante Geulima, Meureudu. Amatan Rakyat Aceh, peserta dari sekolah di delapan kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya itu mulai berkumpul di Mesjid kabupaten sejak Pukul 7.30 Wib.

Masing-masing nomor regu peserta pawai yang terdiri dari anak-anak itu, dihiasi dengan pakain beraneka warna yang mencerminkan islami. Begitupun, regu dari setiap sekolah mengangkat tema-tema masing dalam pawai karnaval itu, seperti tema yang mengibaratkan para jamaah haji. Lengkap dengan pakaian ihramnya.

Anak-anak peserta karnaval itu yang dilepas oleh Sekda Pidie Jaya, pada Pukul 08.30 Wib itu menempuh perjalanan kaki lebih dari satu kilo meter dari titik pelepasan hingga finis di komplek bekas Kantor bupati lama, Keude Meureudu.

Peringatan 1 Muharram sebagai awal tahun baru Hijriah disetiap tahunnya, Kata Sekda, Abdurrahman Puteh, Pemkab Pidie Jaya selalu memperingatinya dengan sejumlah kegiatan dan perlombaan. Dan pada malam puncaknya akan diumumkan pemenang setiap lomba dan juga ceramah atau tausiah.

” Peringatan 1 Muharram 1441 H harus menjadi sarana menciptakan masyarakat Pidie Jaya yang lebih mendekatkan diri kepada nilai-nilai islami dan mengentalkan pengamalannnya dalam kehidupan sehari-hari,” sebut Sekda. (san)