Kondisi Pasien Keracunan Membaik

Kepala Pukesmas, Senang Miko memeriksa kondisi pasien keracunan yang dirawat di pukesmas Pante Raya, Bener Meriah, Senin (2/9). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sebagian pasien keracunan dan dirawat di Pukesmas Panteraya dan RSU Muyang Kute saat ini sudah mulai membaik dan diperbolehkan pulang.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa daloam kejadian luar biasa ini dan saat ini keadaan pasian sudah membaik dari 96 pasien i hanya 8 pasien yang masih kita rawat inaf akibat kondisinya yang masih lemas,” kata Kepala Pukesmas Pante Raya Senang Miko AMK kepada Rakyat Aceh Senin (2/9).

Ia menambahkan, sebelumnya pihaknya juga sempat kewalahan akibatnya banyak pasien yang terus berdatangan hingga mencapai 96 orang korban namun hal itu dapat tertangani dengan baik berkat bantuan dan dukungan dari semua tenaga medis yang hadir.

Disebutkanya, pasien dirujuk ke RSU Muyang Kute sebanyak 42 orang dan saat ini berdasarkan informasi kondisinya juga sudah mulai membaik. ”Berkat kerjasama yang bagus dan cepat ditangani tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan diagnosa medis, para korban terkena Food Intoxication atau penyakit disebabkan makanan. “Hari ini kami bersama kepala dinas juga sudah turun kelapangan untuk melakukan wawancara langsung bersama warga setempat” ungkapnya.

Ia juga mengaku sudah bertemu langung dengan pemilik rumah yang menjadi tuan rumah untuk whirit. “Ia mengaku, menyediakan makanan mieso untuk dibawa pulang kerumah dengan posisi kuah dan bumbu yang sudah dicampur “ ungkapnya.

“ kita juga sudah memerikiksa bahan makanan berupa saus yang digunakan dan masa expirednya masih tahun 2020 sehingga kita harus menunggu hasil lab untuk lebih lanjut penyebab pastinya” tutur Senang Miko. (uri/min