PAKARMARU FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2019

Darussalam (RA) Fakultas Keperawatan (FKep) UniversitasSyiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan kegiatan PembinaanAkademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU).Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Fakultas KeperawatanUniversitas Syiah Kuala pada tanggal 30-31 Agustus 2019.

PAKARMARU merupakan agenda rutin yang diadakanoleh FKep Unsyiah, dan tahun ini sudah memasuki tahunpakarmaru keenam. Kegiatan ini bertujuan untukmempersiapkan karakter mahasiswa agar siap memasuki duniaperkuliahan dengan cara memperkenalkan sistem perkuliahandan sistem pembelajaran yang di terapkan.

pada setiap tahun diselenggarakannya pakarmaru memiliki tema dan konsep yang berbeda beda. Pada pakarmaru keenam ini, Fakultas Keperawatan mengangkat tema “Get Ready To Be Millenial VIP (Visionary, Integrity, Proactive) Generation” dengan konsep “Nursing In The World”. Yang ingin disampaikan dari tema dan konsep ini adalah bahwasanya profesi perawat tidak hanya bekerja menjadi perawat klinik saja, melainkan juga bisa bekerja di bidang akademik, enterpreneur dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa ditekuni. Selain itu, konsep ini juga ingin membuka pikiran mahasiswa baru bahwasanya seorang perawat tidak hanya dapat menempuh pendidikan maupun bekerja di dalam negeri saja, melainkan dapat menempuh pendidikan sampai ke luar negeri.

PAKARMARU yang keenam ini diikuti oleh 143 mahasiswa baru dan diawali dengan Opening Ceremony yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah, WakilDekan I Fakultas Keperawatan Unsyiah, Wakil Dekan II Fakultas Keperawatan Unsyiah, Wakil Dekan III FakultasKeperawatan Unsyiah, Beserta seluruh tamu undangan. Dalamkata sambutannya Dr. Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep. selakuDekan Fakultas Keperawatan mengatakan bahwa padaPAKARMARU yang dilaksanakan oleh FKep Unsyiah kepadamahasiswa  baru tidak ada pembulian baik dari kata-kata maupun fisik.

Setelah Opening Ceremony kemudian para mahasiswa barudibekali materi seputaran sarana dan prasarana yang terdapat di FKep, beasiswa apa saja yang dapat di peroleh di FKep Unsyiah, organisasi apa saja yang terdapat di Fkep, sistem pembelajarandi kampus, serta program kreativitas mahasiswa.

Pada akhir acara, terdapat penampilan akustik dari timPSDM BEM FKep Unsyiah untuk menghibur mahasiswa baru.Mahasiswa baru terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian demi rangkaian acara yang telah dipersiapkan panitia pada hari pertama.

Pada hari kedua, mahasiswa baru dibekali materi mengenai PANTASKAN (Kupas Tuntas Keperawatan). Materi ini ditujukan agar para mahasiswa baru fakultas keperawatan mengenal lebih dekat profesi ini. Kemudian, dilanjutkan dengan materi penanggulangan bencana dan pertolongan pertama pada kecelakaan. Pada materi ini mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan simulasi mengenai materi yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh PMI Unyiah. Materi mengenai kepemimpinan dan pengenalan lembaga PPNI menjadi materi terakhir pada pakarmaru kali ini.

Sama seperti tradisi pakarmaru sebelumnya, panitia menyediakan sesi pemilihan Komting (Komisaris Leting), sekretaris dan bendahara dari angkatannya. Komting, sekretaris dan bendahara angkatan 2019 dilantik juga pada hari kedua ini.

Setelah itu, acara ditutup dengan Closing Ceremony yang ditutup oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan alumni Ns. Sri Intan Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.An. Terakhir, mahasiswa baru diarahkan ke lapangan untuk membuat display berbentuk “FKEP 19”. Setelah itu mahasiswa baru dipersilakan pulang dengan tertib.