Masyarakat Butuh Tanggul di Gampong Jemphek

Kondisi sungai yang makin danggkal di Gampong Jemphek, Kecamatan Sampoenit, Aceh Jaya, Minggu (8/9). Hendra/Rakyat Aceh

CALANG (RA) – Warga meminta pemerintah daerah melakukan pengerukan sungai Krueng Caleh yang kian dangkal di Gampong Jemphek, Kecamatan Sampoenit, Aceh Jaya, Minggu (8/9).

Keuchik Gampong Jemphek, Taufik alias Keucik Neh, memang saat ini sungai tersebut dibutuhkan penggerukan dikarenakan memang kondisi yang kian dangkal mengakibatkan boat nelayan sulit keluar masuk saat hendak melaut dikarnakan memang sungai yang semakin dangkal.

Namun demikian, akibat dangkalnya nya sungai tersebut nelayan saat hendak melaut harus mendorong boat mesin 6 Gt hingga kurang lebih 300 meter dari bibir sungai hingga boat nelayan baru dapat melaut, dan kondisi tersebut mengeluhnya nelayan saat melaut.

Padahal, para kawasan ini memang penghasil sirip kuning, memang mayoritas masyarakat perkerja nelayan, untuk membantu nelayan kami sangat berharap membangun tanggul dan pengerukan sungai dikawasan ini.

Jangan membangun tanggul pada tempat yang tidak dibutuhkan sementara kami yang memang memiliki peluang investasi dalam peninggkatan sumber pendapatan nelayan diabaikan, sementara untuk SID sebagaimana kami ketahui telah selesai dilaksanakan tahun 2018 sudah sewajarnya untuk dibangun tangguk serta pengerukan sungai.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah serta dinas terkait untuk turun kelapangan, jangan hanya duduk dibalik meja agar tahu persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat,” katanya. (say/bai)