PKS Usulkan Tati Meutia Asmara Ketua Sementara DPRK Banda Aceh

Tati Meutia Asmara Foto Facebook

BANDA ACEH (RA) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Banda Aceh mengusulkan nama seorang perempuan sebagai ketua sementara DPRK Kota Banda Aceh, yaitu Tati Meutia Asmara.

Pelantikan anggota DPRK terpilih Kota Banda Aceh periode 2019-2024, dijadwalkan akan dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRK Banda Aceh, Rabu (11/9).

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) lalu, Tati Meutia Asmara maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) empat, meliputi Kecamatan Banda Raya dan Kecamatan Jaya Baru.

Di Dapil ini, dari enam kursi yang tersedia, PKS mendapatkan dua kursi, satu diraih Tati Meutia Asmara dengan meraih suara terbanyak, yaitu 3.138 suara dan satu kursi lagi diraih oleh Irwansyah ST dengan meraih 2.500 suara. 

Ketua Dewan Pengurus daerah (DPD) PKS Kota Banda Aceh, Iwan Sulaiman, kepada Rakyat Aceh, Senin (9/9) menyampaikan, nama ketua sementara yang ditetapkan, yaitu Tati Meutia Asmara sudah mendapatkan persetujuan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Aceh.

Iwan Sulaiman menjelaskan, ada beberapa alasan dipilihnya tokoh perempuan tersebut sebagai ketua sementara DPRK Banda Aceh, pertama meraih suara terbanyak. Kemudian tentunya kiprahnya di masyarakat sebagai tokoh perempuan. Rekam jejak dan pengalamannya juga menjadi pertimbangan utama.

“Bu Tati adalah salah satu dari dua Aleg PKS terpilih di Banda Aceh. Dua lagi masing masing dari Golkar dan PPP,” kata Iwan Sulaiman.

Pada Pileg 2019 lalu, PKS Kota Banda Aceh meraih lima dari 30 kursi DPRK Banda Aceh. Perolehan tersebut meningkat dari pemilu sebelumnya yang hanya tiga kursi. Adapun jumlah suara diperoleh PKS adalah 18.148 suara. Sementara peraih suara terbanyak kedua adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Maka sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, ketua dan wakil ketua sementara masing – masing menjadi hak PKS dan PAN.

Sementara untuk ketua DPRK definitif yang nantinya akan diusulkan PKS, Iwan menyampaikan bahwa sesuai dengan mekanisme, akan ada tiga nama dari DPD PKS Banda Aceh yang akan disampaikan ke DPW yang selanjutnya ke DPP untuk ditetapkan menjadi satu nama sebagai ketua. (slm)