Abusyik Launching Sekolah Hijau

Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) melakukan penanamam pohon perdana pada launching sekolah hijau di SDN 1 Lhok Kaju, Indra Jaya. Rabu (11/9). zian/rakyat aceh

SIGLI (RA) – Bupati Pidie, Roni Ahmad atau akrab disapa Abusyik, melakukan aksi penanaman pohon di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menuju sekolah hijau, Rabu (11/9).

Launching penghijauan pertama dilaksanakan di SDN 1 Lhok Kaju, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Pidie , dihadiri oleh sejumlah SKPK terkait, pengawas sekolah, guru dan disaksikan oleh ratusan murid SDN 1 Lhok Kaju.

Abusyik menjelaskan, tujuan penghijaun di sekolah tingkat dasar adalah sebagai pembelajaran kepada siswa. “Salah satu aset paling berharga yang dapat kita berikan kepada generasi yang akan datang adalah alam yang terjaga keasliannya. Alam telah banyak memberikan kita rezeki dan kehidupan. Maka sudah sepantasnya kita untuk menjaga dan melestarikannya,” ujarnya.

Abusyik menjelaskan, saat ini, bumi mengalami masalah yang sangat serius, salah satunya adalah pemanasan global, dampak dari pemanasan global yang terjadi secara ekstrim, tentunya akan mengakibatkan perubahan iklim dunia dan perubahan pola penyakit.

Selanjutnya, efek polusi udara, pencemaran air dan pencemaran tanah juga menjadi masalah terbesar yang melanda dunia akhir-akhir ini.

“Bumi bagaikan berada di ambang kepunahan. Penyebab utama semua itu adalah manusia, maka manusia pun pasti bisa menghentikannya.” Pungkas bupati yang kerap menggunakan peci merah tersebut.

Abusyik juga mengatakan, saat manusia sudah bersahabat dengan bumi, maka segala kebutuhan hidup akan terpenuhi, maka itu marilah gelorakan semangat penghijauan, agar bumi semakin lestari. Dengan program penghijauan atau pelestarikan lingkungan secara terus-menerus, ditargetkan alam nantinya terselamatkan dan anak-anak cucu kelak mendapatkan udara yang segar dan menyehatkan.

“Satu hal penting yang perlu saya sampaikan adalah bahwa merawat ekosistem dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global, haruslah di iringi dengan tindakan nyata.

Kita juga minta kepada Guru agar mengajari muridnya pendidikan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, jagalah bumi kita untuk kita, bukan saya, guru dan orang lain, tapi untuk diri kita sendiri,” terangnya.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Blang Raweu EcoPark yang bergerak dibidang lingkungan dan pariwisata di Pidie, mengapresiasikan sikap ‘action’ Bupati Pidie, Roni Ahmad, yang telah memperjuangkan kegiatan menjaga lingkungan dan alam.

Apalagi targetnya langsung kepada anak-anak sekolah dasar, dimana mereka adalah ujung tombak pembangunan Pidie pada masa depan.

“Ini sangat bagus, semoga Pemkab Pidie, dapat berkomitmen terus dalma menjaga alam ini, khususnya Pidie. murid SD adalah target yang sangat cocok untuk mengkampanyekan bagaimana menjaga lingkungan dan alam sekitar, mudah diterima dan diterapkan,” pungkas Sekretaris Blang Raweu Ecopark, Ihsan, kepada Rakyat Aceh. (zia/slm)