STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan Sihir Positif Alumni

ist

Meulaboh (RA) – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr Inayatillah, M.Ag, meminta alumni STAIN Meulaboh memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan kampus. Agar performa kampus semakin terkesima di mata masyarakat luas.

“Di sini diperlukan alumni-alumni yang memiliki jiwa militansi yang kuat terhadap almamater,” ucap Inayatillah.

Pertanyaan ini disampaikan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, saat memberi sambutan, sekaligus membuka Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, di aula kampus setempat, Kamis (12/9).

Katanya, ini merupakan Mubes pertama ikatan alumni sejak kampus dinegerikan. Ia mengatakan, berbagai posisi penting yang dijabat oleh alumni STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh saat ini, seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan berbagai energi positif dan potensi yang dimiliki oleh kampus.

“Untuk membentuk alumni yang kuat, diperlukan strategi yang kuat pula. Agar nantinya mampu merajut ikatan-ikatan diantara alumni untuk sama-sama mencurahkan pemikirannya dalam memajukan kampus yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Setiap alumni, lanjut Inayatillah, harus tahu dan sadar akan peran dan fungsi masing-masing. Menurutnya, dengan terjalin hubungan komunikasi yang kuat antara alumni dan almamater, akan menjadi salah satu faktor peningkatan kualitas STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

“Hubungan kuat alumni dengan kampus, menjadi salah satu kunci keberhasilan kampus-kampus besar di dunia,” nilainya.

Di tengah perkembangan zaman yang berubah begitu cepat, kampus terus berupaya untuk membina karakter mahasiswa. Penanaman nilai-nilai moral melalui perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan akan mendorong alumninya memiliki karakter yang teguh memegang prinsip-prinsip kebenaran, serta ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Inayatillah optimis, setiap alumni STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh memiliki potensi besar yang dapat menentukan kemajuan kampus di masa mendatang. Hanya saja, potensi-potensi tersebut selama ini masih banyak yang terpendam atau belum tercurahkan dengan maksimal untuk perkembangan almamater. “Sehingga terkesan, kampus dengan alumni seakan-akan berjalan sendiri-sendiri,” jelasnya.

Padahal, kata Inayatillah, jika dikaji lebih jauh, hubungan alumni dengan kampus tak pernah putus sampai kapan pun. Dalam diri setiap alumni terdapat hutang tanggung jawab yang akan terus berlanjut sampai akhir hanyat. “Keberadaan alumni dan kampus ibarat hubungan orang tua dengan anak, yang tak dapat dipisahkan dalam kondisi apa pun,” terangnya.

Berbagai masukan dari para alumni sangat berperan besar dalam pengembangan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh ke depan. Peran alumni menjadi salah satu indikator yang diukur dari setiap pengajuan Reakreditasi Institusi dan Program Studi.

“Dalam hal ini reputasi alumni dalam dunia profesional sangat menentukan. STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh harus memberikan kontribusi yang lebih kuat bagi masyarakat. Kontribusi tersebut dibangun salah satunya dari peran serta alumni,” harapnya.

Kegiatan tersebut diikuti alumni STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Turut dihadiri Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Erizar, M.Ed dan civitas akademika.(den)