Wabup Amran Rangsang Petani Turun Kesawah Tanam Perdana

Wabup Amran Rangsang Petani Turun Kesawah Tanam Perdana

TAPAKTUAN (RA) – Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran bersama Camat Samadua Suhaimi Salihin S.Ag melakukan penanaman padi perdana pada lahan sawah masyakarakat di Desa Subarang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa, (17/9) sore.

Ikut serta dalam penanam perdana ini Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan Yulizar SP MM, Kapolsek Samadua Ipda Lukman, H. HSB, Anggota Koramil, Keuchik Desa Subarang, Dedi, penyuluh pertanian, serta para warga setempat.

Camat Samadua, Suhaimi Salihin, pada kesempatan itu mengaharapkan kepada para petani Kecamatan Samadua semangat kembali dalam bertanam padi.

” Kita ketahui selama ini para petani kita sudah loyo untuk kembali kesawah.Kita harapakan dengan kegiatan ini dilakukan para petani  semangat kembali untuk bersawah seperti dahulu,” tutur Suhaimi Salihin.

Ia juga berharap kepada warga untuk selalu pembersihan saluran irigasi dan parit biar tidak tersumbat, agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar.

 

” Kita berharap kepada warga menjaga saluran air yang sudah diperbaiki ini dengan rutin membersihkannya,” harapnya.

Senada dengan itu Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengatakan selama ini para petani hanya setahun sekali turun menanam kesawah, kedepannya kita harapkan para  petani bisa dua kali hingga lima kali dalam dua tahun turun ke sawah.

” Kedepannya harus dua kali setahun dan insha allah mampu lima kali dalam dua tahun turun menanam kesawah,” kata Wabup.

Dikatakannya, Alhamdulillah persawahan kemukiman Panton luas juga tahun ini mulai turun ke sawah pasca selesainya bendungan irigasi Blang Sikundo.

Amatan wartawan Wabup Tgk Amran dan Camat Samadua, Suhaimi Salihin, tak segan- segan turun langsung ke sawah yang berlumpur menanam padi untuk merangsang petani yang lain untuk turun sawah. (Yat).