MUSEUM ACEH GELAR LOMBA BACA HIKAYAT TINGKAT SMA/MAN SEDERAJAT

Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsyah, S.Sos, Kasubbag TU UPTD Museum Aceh dan Dewan Juri Poto Bersama Peserta Pemenang Lomba Baca Hikayat Tingkat SMA/MAN Sederajat, Banda Aceh, Sabtu (21/09/2019) pukul 08.30 W

Museum Aceh kembali menggelar lomba baca hikayat tingkat SMA/MAN sederajat dengan tema“Kita Tingkatkan Minat Baca dan Peduli Sejarah Sebagai Identitas Kedaerahan”, Banda Aceh, Sabtu (21/09/2019) pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Kadis Budpar Aceh Jamaluddin, SE, M.Si, Ak mengatakan bahwa kegiatan lomba baca hikayat ini merupakan salah satu upaya meningkatkan ketahanan budaya melalui Pelindungan,Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan sesuai dengan amanat UU pemajuan kebudayaan, hal ini sejalan dengan visi museum aceh menjadikan museum aceh sebagai jendela sejarah dan budaya bagi masyarakat.

Kita berharap dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan maka museum aceh akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi tempat tujuan favorite bagi masyarakat khususnya dan mancanegara umum nya, ujarnya. Sabtu (21/09/2019).

Kepala UPTD Museum Aceh, Mudha Farsyah,S.Sos menambahkan bahwa Lomba baca hikayat tingkat SMA/MAN sederajat ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan salah satu program kegiatan Museum Aceh tahun 2019.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan lomba baca hikayat tingkat SMA/MAN sederajat di
Museum Aceh ini adalah untuk mempromosikan Museum Aceh melalui pelajar, media sosial, sekolah dan masyarakat, menjadikan Museum sebagai pusat kajian, sumber belajar, mengenalkan fungsi dan peran museum kepada masyarakat melalui pelajar dan sekolah. Beliau juga mengharapkan agar siswa mengikuti lomba baca hikayat tingkat SMA/MAN sederajat dengan lancar dan dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Jumlah peserta pada lomba baca hikayat tingkat SMA/MAN sederajat ini terdiri dari 40 siswa/siswi, dengan 20 sekolah yang mewakili dari Banda Aceh dan Aceh Besar dengan rincian SMA Negeri 2 Banda Aceh, SMA Negeri 3 Banda Aceh, SMA Negeri 4 Banda Aceh, SMA Negeri 5 Banda Aceh, SMA Negeri 7 Banda Aceh, SMA Labschool Unsyiah, SMA Negeri Modal Bangsa, SMA Negeri 1 Darul Imarah, SMA Negeri Sukamakmur, SMA Negeri 1 Peukan Bada, SMA Insyafuddin, MAN 1 Banda Aceh, MAN 2 Banda Aceh, MAN 3 Banda Aceh, MAS Babun Najah, MAS Darul’Ulum, MAS Ulumul Qur’an, MAS Al-Manar, MAS Al-Ishlah Al-Aziziyah, MAS Ruhul Islam Anak Bangsa.

Hasilnya, Juara I diraih MAS Darul’Ulum, Juara II SMA Insyafuddin, Juara III SMA Negeri 1 Darul Imarah, Juara Harapan I SMA Negeri 5 Banda Aceh, Juara Harapan II MAN 2 Banda Aceh dan pemenang Harapan III MAN 1 Banda Aceh. “Bagi pemenang lomba baca hikayat itu mendapatkan uang tunai, dan sertifikat,”.