Kabut Asap mulai selimuti beberapa wilayah di Aceh Selatan dan sekitarnya, Minggu, (22/9).

TAPAKTUAN ( RA) – Kabut Asap mulai selimuti beberapa wilayah di Aceh Selatan dan sekitarnya, Minggu, (22/9).

Informasi dari Pusdalops PB BPBD Aceh Selatan melaporkan dugaan sementara kabut asap berasal dari kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

” Menurut laporan dari Pusdalops Aceh Singkil kabut asap berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau yang terjadi Kamis, (19/9)  pak,” kata Petugas Piket Pusdalops PB BPBD Aceh Selatan, Restu Adona Ismi.

Ia mengatakan hingga saat ini kabut asap sudah mulai terdeteksi secara visual terpantau di beberapa kecamatan dalam wilayah Aceh Selatan.

” Sudah terdeteksi di beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Kluet Utara, Kecamatan Labuhanhaji, Kecamatan Trumon, dan Tapaktuan,” terangnya.

Sambungnya, saat ini Pusdalops PB BPBD Kecamatan terus berkoordinasi untuk memantau eksitensi kabut asap serta himbauan waspada bagi warga dan nelayan yang melaut mengingat kabut asap sewaktu – waktu dapat bertambah.

” Saat ini untuk penanganan kita masih menunggu arahan dari pimpinan. mengingat kabut asapnya belum terlalu parah, kalau sudah parah mungkin kita akan membagikan masker kepada warga,” singkat Restu. (Yat).