Kondisi kabut asap kiriman dari Provinsi Riau akibat kebakaran hutan sudah merambah ke seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Guna mencegah terjadinya dampak terhadap masyarakat, BPBD Aceh Selatan, Senin (23/9/2019) hari ini akan menggelar rapat koordinasi dengan intansi terkait. Sumber photo : Fathayatul Ahmad

TAPAKTUAN (RA)  – Kondisi kabut asap kiriman dari Provinsi Riau akibat kebakaran hutan sudah merambah ke seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan. Guna mencegah terjadinya dampak terhadap masyarakat, BPBD Aceh Selatan, Senin (23/9/2019) hari ini akan menggelar rapat koordinasi dengan intansi terkait.

“Hari ini kita akan menggelar Rapat Koordinasi bersama intansi terkait lainnya menyangkut upaya penanganannya. Sebelumnya BPBD bersama Dinas Kesehatan juga sudah membangi masker ke masyarakat,” kata Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/9).

Dijelaskannya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan telah mengintruksikan kepada kepala Puskesmas masing – masing dalam wilayah Aceh Selatan untuk membagikan masker, dan BPBD sendiri sudah melakukan koordinasi dengan intansi terkait. “Pada hari ini kita juga membahas bersama unsur Muspida mengenai masalah ini,” paparnya.

Kemudian untuk masalah ganguan jarak pandang, Cut Syazalisma menyarankan masyarakat membatasi kegiatan di luar rumah, jika pun keluar rumah Kalak BPBD menyarankan untuk menggunakan masker. “Kemudian kalau ada warga yang penderita penyakit untuk langsung hubungi petugas kesehatan. Kemudian kepada para nelayan untuk tetap mengutamakan keselamatan saat me laut,” pungkasnya.

Pantauan wartawan di sejumlah kecamatan yang ada di Aceh Selatan kabut asam semakin terbal, salah satunya terlihat di Kecamatan Tapaktuan dan Samadua sempat menganggu aktivitas warga yang berada diluar rumah. (Yat).