Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 24 Sep 2019 03:29 WIB ·

Nova Intruksikan Pembagian Masker kepada Masyarakat


 Nova Intruksikan Pembagian Masker kepada Masyarakat Perbesar

BANDA ACEH (RA)- Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk membagikan masker kepada masyarakat sebagai pelindung pernafasan dari pencemaran udara akibat asap. Hal ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani kepada awak media di Banda Aceh, Senin (23/9).

Menurut pria yang akrab disapa SAG itu, kabut asap yang tampak makin tinggi konsentrasinya di udara Kota Banda Aceh dan di sejumlah kabupaten/kota dapat mengancam saluran pernafasan masyarakat. Pencemaran asap di udara, katanya, merupakan faktor risiko penyakit iriasi dan acaman bagi saluran pernafasan. Gejalanya mulai peradangan alat pernafasan, batuk-batuk, dan bahkan sesak nafas, jelasnya.

“Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melihat fenomena asap yang pekat di udara sebagai acaman bagi kesehatan, karena itu langsung mengintruksikan pembagian masker kepada masyarakat,” kata SAG.

Selain mengintrusikan pembagian masker dan meminta masyarakat mengenakannya, lanjut SAG, Pak Nova juga menghimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, mengurangi aktifitas di luar rumah bila tidak ada kegiatan yang mendesak, menutup celah rumah dengan kain basah, memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih, cuci tangan dan masak makanan dengan baik, dan tidak menambah buruk situasi dengan merokok.

Apabila upaya-upaya pencegahan seperti itu telah dilakukan namun mengalami gangguan kesehatan, SAG menghimbau agar segera meminta bantuan petugas kesehatan di sarana pelayanan kesehatan terdekat. Ada baiknya masyarakat membawa Kartu BPJS Kesehatan saat ke luar rumah agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan darurat di mana saja, anjur SAG yang juga mantan Humas Jaminan Kesehatan Aceh itu.

“Sebaiknya Kartu BPJS Kesehatan selalu dibawa dalam situasi darurat asap saat ini,” imbuh SAG.

*Bagi masker*

Sementara itu, BPBA bekerja sama dengan Kodim 0101/BS, Polresta Banda Aceh, dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh, langsung membagi-bagikan sekitar 10.000 masker kepada pengguna jalan di dalam Kota Banda Aceh, Senin (23/9).

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Ir Sunawardi, MSi, pihaknya langsung memerintahkan sekretaris, kepala bagian, dan kepala sub bagian di lingkungan BPBA untuk segera menindaklajuti secara teknis intruksi Plt Gubernur Nova Iriansyah pada kesempatan pertama.

“Kami langsung membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan raya di seputaran Simpang Lima dan Simpang Kodim, Kota Banda Aceh,” kata Sunawardi saat dikonfirmasi media ini.

Sunawardi juga mengatakan akan melanjutkan pembagian masker kepada masyarakat di kabupaten/kota yang terkena dampak asap kiriman akibat kebakaran hutan di Riau dan Pekan Baru. Ia mengaku mendapat informasi dari BMKG bahwa kabut asap yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Aceh merupakan asap kiriman akibat bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau dan Pekan Baru.

“Kami bertindak cepat sesuai intruksi Bapak Plt Gubernur Aceh untuk melindungi masyarakat dari serangan asap tersebut,” pungkas Sunawardi [rell/za]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA