Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 25 Sep 2019 09:23 WIB ·

Contohkan GAM untuk Penyelesaian Papua


 ERBAKAR: Kompleks kantor Bupati Jayawijaya yang ikut terbakar dalam aksi demo yang berakhir rusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9). (Denny Tonjau/Cendrawasih-Pos) Perbesar

ERBAKAR: Kompleks kantor Bupati Jayawijaya yang ikut terbakar dalam aksi demo yang berakhir rusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9). (Denny Tonjau/Cendrawasih-Pos)

JAKARTA (RA) – Korban kerusuhan di Wamena, Jayawijaya, terus bertambah. Polda Papua merilis, korban tewas kini mencapai 28 orang dan yang mengalami luka-luka 69 orang. Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombespol A.M. Kamal mengatakan, korban tewas akibat luka bacok.

Selain itu, ada yang terbakar dan tak bisa menyelamatkan diri saat tempat usaha atau tempat tinggalnya dibakar massa pada aksi anarkistis Senin (23/9). ”Bahkan, satu keluarga ditemukan tewas terbakar dalam rumah,” terang Kamal kemarin (24/9).

Selain korban tewas dan luka, polisi juga telah mengevakuasi warga yang datang ke Wamena untuk dinas, kunjungan keluarga, bisnis, dan keperluan lain saat kerusuhan. Termasuk, lima warga Ukraina yang sedang berlibur di Wamena. Kondisi terakhir, masih banyak warga yang mengungsi karena ketakutan. Mereka memilih tinggal sementara di Mapolres Jayawijaya, gedung DPRD Jayawijaya, Makodim Wamena, dan aula gereja. Kerusuhan dipicu isu hoaks guru mengucap ujaran rasisme kepada siswanya.

Menanggapi kerusuhan Senin itu, Forum Pimpinan DPRD Papua dan Papua Barat mendatangi Kantor Staf Presiden kemarin (24/9). Mereka menyampaikan delapan tuntutan kepada Presiden Joko Widodo. Antara lain, pemerintah pusat harus membangun dialog dengan tokoh Papua, khususnya terhadap kelompok yang memiliki ideologi berseberangan seperti The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Perwakilan DPRD Papua Barat Ferdinando Solosa mengatakan, tokoh-tokoh yang ditemui Presiden Joko Widodo pada awal bulan lalu belum merepresentasikan masyarakat Papua. Karena itu, diperlukan komunikasi dengan semua unsur. ”Sehingga pemerintah bisa menyelesaikan secara bertahap sesuai yang terjadi,” tutur dia.

Ferdinando menambahkan, belajar dari pengalaman penanganan GAM (Gerakan Aceh Merdeka), langkah dialog terbukti berhasil. Kedua pihak berhasil mencapai kesepakatan dengan membedah persoalan secara komprehensif. Yang tidak kalah penting, lanjut dia, dialog juga melibatkan pihak ketiga yang independen, netral, dan objektif. Seperti penunjukan Finlandia sebagai pihak independen dalam dialog Indonesia-Aceh. (jawa pos)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Wakili Penjabat Gubernur Aceh, Asisten III Hadiri Undangan Peresmian Masjid Budhe Aqsa

29 March 2024 - 10:16 WIB

Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Empat Orang Luka Parah

27 March 2024 - 13:53 WIB

Xi Jinping Ingin Segera Bertemu Prabowo, Bahas Hubungan Bilateral

24 March 2024 - 14:39 WIB

2 Polisi yang Tewas Ditembak KKB Dievakuasi, Polda Papua Temukan 1 Korban Baru

22 March 2024 - 14:59 WIB

Siap-siap, Pendaftaran CPNS dan PPPK Bakal Dibuka Akhir Mei 2024

19 March 2024 - 14:49 WIB

KPU Sahkan Prabowo-Gibran Menang di Kuala Lumpur Raih 6 Ribu Suara

18 March 2024 - 14:34 WIB

Trending di NASIONAL