Dua SD Kemukiman Panton Luas Terancam Ambruk

Dua unit bangunan Sekolah Dasar (SD) yang terletak di Gampong Madat Kemukiman, Panton Luas Kecamatan Samadua, Aceh Selatan terancam ambruk. Rabu, (2/10). Sumber photo : For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Dua unit bangunan Sekolah Dasar (SD) yang terletak di Gampong Madat, Kemukiman Panton Luas, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan, terancam ambruk.
Pasalnya, kedua bangunan sekolah tersebut berada di tepi Sungai Krueng Samadua tidak memiliki penahan tanggul pada sisi tebing.

Keuchik Gampong Madat, Fitriadi, kepada Rakyat Aceh, Rabu (2/10) mengatakan, pihaknya merasa kuatir dengan kondisi dua bangunan sekolah tersebut yang bosa saja sewaktu-waktu akan terjadi musibah.

Karena kejadian sudah pernah terjadi pada tahun 2016 lalu, dimana akibat banjir luapan sungai Krueng Samadua, dua unit bangunan Sekolah Dasar yakni, SD Negeri Air Sialang dan SD Negeri Panton Luas Baru, ambruk diterjang banjir.

“Kejadian seperti inilah yang sangat kita kuatirkan terjadi, sebab posisi kedua bangunan sekolah itu hanya berjarak satu meter lagi dengan Sungai Krung Samadua. kalau tidak secepatnya ada penanganan serius dari pemerintah daerah, dipastikan bangunan sekolah dasar itu akan lenyap di terjang air,” kata Fitriadi saat di lokasi yang turut di dampingi Camat Samadua, Suhaimi Salihin.

Menurutnya, apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, tentunya nanti akan berdampak terjadinya musibah yang tidak diinginkan.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerindah daerah melalui dinas terkait bisa segera mungkin membuat bangunan tanggul penahan Sungai Krung Samadua agar kedua bangunan sekolah itu dapat terselamatkan.

“Ini harus cepat ditanggani, kita berharap pemerintah daerah turun tangan memberikan bantuan pembangunan tanggul penahan Sungai Krung Samadua di Gampong Madat, Kemukiman Panton Luas ini,” harapnya. (yat/han)