144 Perantau Minang dari Wamena Tiba Besok Malam di Priok

Pelabunan Tanjung Priok yang dikelolan Pelindo II akan menerima kedatangan 114 perantau Minang yang menjadi pengungsi karena Kerusuhan Wamena. (dok. JawaPos.com)

Harianrakyataceh.com – Sebanyak 144 orang perantau Minang akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/10) besok malam. Itu setelah terjadi setelah kerusuhan yang menewaskan 32 orang beberapa waktu lalu.

“Kapal pengangkut perantau Minang dari Jayapura akan tiba di Tanjung Priok, Jakarta, Senin besok. Pukul 19.00 WIB,” tutur Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Yahya Kuncoro saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (6/10) siang.

Perantau Minang dari Wamena diangkut menggunakan KM Ciremai milik PELNI sebanyak 369 orang. Yahya menambahkan perantau yang turun di Tanjung Priok sebanyak 144 orang.

Sebagian perantau Minang yang diangkut KM Ciremai turun di Baubau (16 orang), kemudian di Makassar sebanyak 29 orang. Selanjutnya, perantau lainnya akan diangkut KM Dobonsolo dijadwalkan berlayar pada 9 Oktober mendatang.

“Kapal berikutnya KM Dobonsolo akan berangkat dari Jayapura tanggal 9 Oktober mendatang,” pungkas Yahya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengupayakan pemulangan ratusan perantau Minang yang ada di Wamena. Tidak hanya menggunakan kapal PELNI, perantau dipulangkan dengan pesawat hercules milik TNI AU.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan jumlah perantau Minang di Wamena, Papua, kurang lebih 1800 orang. Biaya pemulangan perantau sepenuhnya ditanggung oleh PT PELNI.

“Semua biaya gratis karena ditanggung oleh PELNI,” kata Nasrul Abit kepada JawaPos.com belum lama ini.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Abdul Rozak