Gandeng Murid SD Lanal Simeulue Tanam Ribuan Bibit Manggrove

Danlanal Simeulue Letkol Marinir Wempi MTR Hanla dan Murid Sekolah Dasar sedang menanam bibit Manggrove. Senin (7/10). Ahmadi/Rakyat Aceh.

SIMEULUE (RA) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue, menggandeng murid Sekolah Dasar serta pelajar SMP dan SMA sederajat, untuk tanam ribuan bibit manggrove disejumlah titik pantai yang ada di pulau Simeulue.

Penanaman 4.500 bibit manggrove dengan menggandeng generasi muda itu, yang diharapkan nantinya berperan aktif dimasa yang akan datang dalam melindung serta paham akan mamfaat pohon manggrove sebagai salah satu mata rantai ekosistem dan juga menjadi salah satu sistim pertahanan pantai dari bencana alam yang datang dari laut.

Hal itu itu dijelaskan Danlanal Letkol Marinir Wempi MTR Hanla, kepada Harian Rakyat Aceh, Senin (7/10). “ini program spesial kepada generasi muda pada HUT TNI tahun ini, kita menggandeng pelajar SD dan pelajar dari sekolah lainnya, untuk penanaman 4.500 bibit manggrove di pantai Kabupaten Simeulue, sebab generasi mereka ini yang melindungi dan mempertahankannya dimasa yang akan datang,” kata Danlanal Simeulue.

Dia juga menyebutkan kendala, bibit manggrove sangat disukai hewan ternak kerbau, sehingga menjadi salah satu hama dan membutuhkan perhatian dari warga dalam penjagaan ekstra dari terhadap areal lokasi penanaman bibit manggrove maupun bibit manggrove yang tumbuh liar di pantai Kabupaten Simeulue.

Sementara Wabup Hj Afridawati, meminta kepada warga Simeulue untuk tidak merusak hutan manggrove, sebab telah perna dirasakan puncak mamfaatnya pada saat bencana alam gempa bumi dan Tsunami tahun 2004 lalu, juga hutan manggrove sebagai pertahanan pantai dari abrasi dan hempasan ombak.

“Dulunya bakau ini digunakan sebagai kayu bakar masak didapur dan untuk kebutuhan lainnya, karena saat ini sudah jaman milenial untuk memasak telah gunakan kompor dan elpiji, maka kita sangat mendukung program penanaman bibit bakau ini, dan tolong dijaga sebab menjadi warisan untuk anak cucuk kita dimasa yang akan datang”, kata Wabup Hj Afridawati dalam sambutannya. (ahi/han)