Indahnya Taman Bunga Celosia di Kaki Seulawah

Sejumlah pengunjung menikmati luas hamparan taman bunga celosia di kaki Gunung Seulawah Sare, Aceh Besar, Foto diambil Minggu (6/10). Rakyat Aceh/Maulana.

ACEH BESAR (RA) – Taman Wisata Bunga Celosia yang terletak di Desa Sare, kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, mulai dipadati pengunjung dari berbagai daerah diakhir pekan. Meskipun baru dibuka selama dua pekan ratusan tiket laris manis setiap hari.

Kebun celosia sedang ngetrend di tengah masyarakat Aceh ini dikelola oleh Toto warga Aceh Jaya. Sebelum disulap menjadi taman bunga, Toto mengaku lahan tersebut masih hutan belantara. Awal Juli 2019, Toto bersama rekannya memutuskan menanam celosia dengan target tanam capai dua hektar lebih.

“Karena letaknya strategis saya langsung buat kontrak kerja dengan pemilik tanah. Bunga inikan sedang banyak dikelola diberbagai daerah. Untuk daerah lembah Seulawah ini kan belum ada. Maka kita pilih tempat ini,” kata Tato saat ditemui Rakyat Aceh, Minggu (6/10).

Tanaman celosia yang dikelola Toto sudah berusia dua bulan terhitung dari masa tanam. Dengan perawatan yang maksimal bunga celosia bisa tumbuh mekar dan akan bertahan hingga satu bulan selanjutnya.

“Semasa bunganya sedang mekar tamannya akan indah. Maka alternatif lain kita juga harus punya lahan dan bibit bunga lainya untuk cadangan.

Hasilnya nanti bunga ditaman ini tidak akan habis dan bisa dinikmati terus menurus oleh pengunjung,” kata Toto.

Sementara Nur Afni, salahsatu pengujung dari Merdu mengaku takjub dengan taman celosia yang ada di lembah Selulawah itu. Selain indah dipandang para penguna jalan yang melintas juga bisa mengambil moment untuk beristirahat.

“Tempatnya cocok sekali. Sambil memanjakan mata dengan pemandangan kita juga bisa istirahat kalau lelah dalam berkendaraan,” kata Nur Afni yang juga mengaku baru mengetahui adanya taman wisata Bunga Celosia di kaki Gunung Seulawah.

Hal senada juga disampaikan Efendi pengunjung dari Medan, taman bunga celosia di sani menarik dan unik.

“Selain indah dilihat, udara di lingkungan ini juga segar dan adem. Kita sekeluarga dibuat betah untuk beristirahat disini,” tanda Efendi seraya menyarankan pengelola untuk memperbanyak bangunan lesehan dan fasilitas lain yang memadai untuk pengunjung.

Bunga celosia merupakan ikon wisata baru di Aceh sejak terakhir ini. Pengelola sendiri menanam bunga asal negeri Belanda itu di dengan aneka warna yang senada.

Hamparan perbukitan, lahan tidur, bahkan jalan desa juga dipakai untuk menanam celosia. Selain indah dipandang, warna cerah dari hamparan bunga juga tak membuat bosan pengunjung untuk berswa foto.( mol/adi)