Seekor Anjing Mengamuk Serang Empat Warga

Dua pasien dirawat di RSU Munyang Kute Bener Meriah, Selasa (8/10), setelah mendapat gigitan dari anjing peliharaan. MASHURI | RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Seekor anjing tiba-tiba mengamuk dan menyerang empat warga hingga harus dilarikan ke RSU Muyang Kute Bener Meriah, untuk mendapat perawatan luka gigitan, Senin (7/10) sore.

Ke empat korban yakni, Saifulah (45) warga Kampung Bener Kelipah Kecamatan Bandar, Dani (15) warga Kampung Rimbaraya, Kecamatan Gajah Putih, Riski (6) warga Karang rejo dan M Munadir (19) warga Kampung Karang Rejo.

Kapolsek Bukit Iptu Jufrizal SH kepada Rakyat Aceh Selasa (8/10) menyampaikan, dari empat orang korban dibawa ke rumah sakit, dua diantaranya masih diopname, sementara dua lainya dalam rawat jalan.

Ia menjelaskan, korban Saifullah, mengalami luka gigitan di bagian lengan sebelah kanan dan M Munadir mengalami luka gigitan di bagian betis sebalah kiri. “Kedua korban semalam sudah diizinkan pulang dari RS Muyang Kute,” ujar Iptu Jufrizal.

Sementara dua orang yang harus di opname antara lain Riski yang mengalami luka gigit di bagian betis sebalah kiri dan paha sebalah kanan serta Dani mengalami luka gigit di bagian punggung sebelah kanan.

Kapolsek kemudian menceritakan, anjing milik Saiful Ardi warga Karang Rejo tersebut pertama sekali menyerang Saifullah, yang ketika itu baru turun dari mobilnya.

“Warga melihat ini kemudian mengejar anjing tersebut. Pada saat pengejaran anjing menyerang anak-anak yang sedang bermain di lokasi lapangan pacuan kuda Karang Rejo,” ungkapnya.

Disebutkanya, anjing peliharaan tersebut baru berhasil dilumpuhkan warga Kampung Karang Rejo menggunakan senapan angin dan tombak sekitar pukul 19.00 WIB.

Kapolsek kemudian melanjutkan, Selasa (8/10) sekira pukul 08.30 WIB telah dilakukan mediasi di Kantor Desa Kampung Karang Rejo antara pemilik anjing dengan orang tua para Korban.

Medias turut dihadiri Kabid Dinas Pertanian dan pangan Bid Peternakan Bener Meriah Drh Roni Ismail Harun, Kasi Kesehatan Hewan Drh Ismiyani, Koordinator Kesehatan Hewan dr. Sariadi dan Kepala Kampung Karang Rejo.

Ada pun hasil mediasi, pihak Dinas Pertanian dan Pangan Bid Peternakan Bener Meriah akan melakukan antisipasi melalui vaksin anti rabies terhadap Anjing peliharaan masyarakat setempat.

“Pemilik anjing tersebut akan bertanggung jawab terhadap pengobatan para korban,” pungkasnya. (uri/min)