Termakan Usia Jembatan Penghubung Ambruk Di Samadua

Jembatan Penghubung Ambruk Di Samadua / for Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) -Jembatan Gantung yang menghubungkan Dua Gampong yakni Desa Madat dan Subarang di Kemukiman Panton Luas,Kecamatan Samadua, Aceh Selatan, Kamis (10/10/sekira pukul 08.10 WIB ambruk.

Ilham salah seorang warga setempat yang lokasi rumahnya persis di depan jembatan tersebut mengatakan saat kejadian naas itu ada beberapa warga yang melintasi jembatan.

” Saat kejadian ada 3 orang ibu dan 2 orang anak – anak  SD yang melewati jembatan tersebut, korban hanya mengalami luka ringan dan sudah di larikan ke Rumah Sakit,” katanya.

Senada dengan itu Keuchik Gampong Madat, Fitriadi mengatakan Insiden tersebut terjadi sekitar Pukul 08:10 WIB pagi. Saat itu tali besi penahan jembatan gantung putus sehingga ambruknya jembatan.

“Jembatan yang sudah berumur 35 tahun itu yang di bangun pada tahun 1988 tali besi penahan jabatan sudah berkarat. Akibatnya, 5 orang yang sedang melintasi jembatan tersebut terpaksa di larikan Ke RSUD Yuliddin Away Tapaktuan dari 5 korban 2 diantaranya anak-anak,”kata Fitriadi.

Kalau tidak diatasi dengan cepat,kita kuatir jembatan gantung yang ambruk ke dalam aliran sungai ini dapat mengakibat banjir apalagi sekarang musim hujan. Sebab, jembatan yang ambruk itu menghambat aliran sungai.

“Untuk itu,kita mengharapkan kepada Pemerintah Daerah dapat memberikan bantuan bangunan jemabatan permanen. Karna jembatan itu adalah akses jalan yang menghubungkan Dua Desa di Kemukiman Panton Luas,”ungkapnya.

Adapun data yang terdampak musibah ambruknya jembatan penghubung tersebut yakni, Erma lina, (40), Lailaiwati, (55), Saridayani, (30), Fakrul razi ramadhan, (5 ) dan Elsa altifa, (4). (Yat)