Pengunaan Dana Bos Madrasah Harus Tepat Sasaran

DANA BOS: Tim dari Kemenag Aceh Timur saat melakukan monev di MIN 4 Aceh Timur, Senin (14/10).

IDI (RA) – Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melakukan monitoring dan evaluasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke setiap Madrasah. Hal ini dilakukan supaya dana Bos yang disalurkan pusat itu tepat pada sasaranya.

Kankemenag Aceh Timur melalui perencana Kemenag, Supardi SE mengatakan, pihaknya melakukan monitoring bersama pada 2019 untuk melihat sejauh mana ketepatan sasaran dari penggunaan dana BOS ditingkat Madrasah.

“ Kita akan evaluasi kepada siapa dan untuk apa dana BOS itu dipergunakan. Kegiatan ini juga dalam rangka pembinaan pengadministrasian dan evaluasi pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah,” kata Supardi ketika melakukan monitoring dan evaluasi di MIN 4 Aceh Timur, Senin (14/10).

Menurut Supardi, penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah harus sesuai dengan petunjuk teknis sehingga bisa dipastikan angaran yang disalurkan bisa diterima oleh siswa/I kurang mampu.

“Jangan sampai ada siswa yang kurang mampu malah tidak masuk dalam daftar penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) yang ada dalam BOS,” ucap Supardi.

Dalam memonitoring, sambung Supardi pihaknya menyediakan instrumen berupa questioner kepada kepala Madrasah dan bendahara. Begitu juga terhadap siswa , tim juga mewawancarai sebagai penerima dari dana BOS itu.

“Semoga dana PIP dan BOS lebih ditingkatkan, dari jumlah yang ada sekarang,” hara Supardi

Sementara itu, Kepala Madrasah MIN 4 Aceh Timur Nurli SAg.MPd mengatakan, memberikan apresiasi dan mendukung terhadap monev dana PIP dan BOS tersebut.

“ Dengan adanya monitoring tersebut dapat mempermudah dan memperhatikan bagaimana kinerja yang kami lakukan selama ini,” pungkas Nurli. (Mol/msi).

Teks Foto :

Dana BOS – Tim dari Kemenag Aceh Timur saat melakukan monev di MIN 4 Aceh Timur, Senin (14/10). Maulana/ Rakyat Aceh.