Bupati Pidie Jaya Menang Gugatan Atas Mantan Keuchik

Rakyat Aceh

MEUREUDU (RA) – Bupati Pidie Jaya menang terhadap gugatan pemberhentian Keuchik Bale Musa, Kecamatan Bandar Baru yang dilayangkan oleh mantan keuchik gampong setempat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh.

Kemenangan Bupati Pidie Jaya dipastikan setelah majelis hakim PTUN Banda Aceh menolak gugatan yang dilayangkan oleh Marzuki (41) mantan keuchik Balee Musa atas SK pemberhentian Keuchik, yang diterbitkan pada 21 Januari 2019, dalam persidangan yang berlangsung Kamis pekan lalu.

SK tersebut ditanda tangani Wakil Bupati, karena pilimpahan kewengan oleh Bupati.
Kepala Bagian Hukum Sekdakab Pidie Jaya, Iskandar SH, kepada Rakyat Aceh, Kamis (17/10) menyebutkan, persidangan yang berlangsung Kamis pekan lalu telah memutuskan bahwa gugatan SK pemberhentian Keuchik yang dilayang sejak bulan Mei 2019 lalu, majelis hakim PTUN Banda Aceh telah membacakan putusannya yang bahwa menolak seluruh gugutan mantan keuchik tersebut.

“Gugatan mantan Keuchik Gampong Bale Musa terhadap Bupati Pidie Jaya ditolak majelis hakim PTUN Banda Aceg,”kata Iskandar.

Meski majelis hakim PTUN Banda Aceh telah membacakan putusannya, tetapi ungkapnya, pihaknya hingga kini belum menerima salinan putusan tersebut. Dikatakan, dirinya baru mendapat informasi dari kuasa hukum Pemkab secara lisan bahwa gugutan mantan keuchik itu ditolak.

Dijelaskan juga, dalam sidang putusan Kamis pekan lalu itu, penggugat juga tidak menjawab apakah menerima atau banding atas putusan tersebut. Dan Senin akan dibacakan lagi putusannya yang bersifat final.

“Secara lisan putusannya sudah disampaikan. Tapi salinan putusannya belum kami peroleh. Penggugat juga diam terhadap putusan ini. Mungkin Senin ini baru dibacakan kembali putusan akhirnya,” sebut Iskandar.

Ditambahkan, hingga saat ini dirinya belum melaporkan perkembangan atas perkara gugatan tersebut kepada Bupati maupun Wakil Bupati. Karena pihaknya baru akan melaporkan kepada pimpinannya tersebut setelah memperoleh hasil akhir dari perkara yang bergelinding di PTUN Banda Aceh itu.

Baca Juga...  Waktar Buka Suara Namanya Dicatut di kepengurusan Ketum Irwandi, Miswar: Buat Saja Surat Pengunduran

Diberitakan sebelumnya, Marzuki (41), mantan keuchik Balee Musa Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, menggugat Bupati Pidie Jaya ke PTUN Banda Aceh atas SK pemberhentiaannya karena menilai SK tersebut cacat hukum, akibat pemberhentian itu dilakukan sebelum masa jabatannya berakhir pada tahun 2021. (san/slm)