Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

JAKARTA – Prabowo Subianto resmi menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Jatah menteri untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu diumumkan oleh Jokowi bersama Wapres Ma’ruf Amin, di tangga Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (23/10). Sekaligus pengumuman posisi menteri lainnya.

“Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto. Saya kira tugas beliau saya tidak usah menyampaikan. Beliau lebih tahu dari saya,” ucap Jokowi, sembari tersenyum.

Pada kabinet periode kedua pemerintahan Jokowi ini, Gerindra mendapat jatah dua pos menteri. Satu lagi adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dijabat Waketum Gerindra Edhy Prabowo.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Mau menjadi Menteri, Terkait Pilpres 2024?

Pada saat itu, suami Iriana tersebut berpesan kepada para menterinya untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi.

“Saya telah perintahkan seluruh kabinet yang sudah saya umumkan yang pertama jangan korupsi. Menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi,” tegas mantan wali kota Solo itu.

Kemudian, tidak ada visi misi menteri. Yang ada menurutnya hanyalah visi misi presiden dan wakil presiden. Selain itu, para menterimya harus bisa kerja cepat, keras dan produktif. (fat/jpnn)