Warga Sungai Lueng Kenduri Tolak Bala

Salah seorang warga Gampong Sungai Lueng, sedang memasak bubur nasi dan kacang hijau untuk kenduri tolak bala di halaman masjid setempat, Rabu (23/10). BAHTIAR HUSIN/RAKYAT ACEH

LANGSA (RA) – Warga Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur, menggelar kenduri tolak bala dengan memasak dan makan bersama bubur nasi dan kacang hijau di halaman Masjid Sabilussalam gampong setempat, Rabu (23/10).

Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Sabilussalam, M. Yusuf, kepada Rakyat Aceh mengatakan, kenduri tolak bala ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat Gampong Sungai Lueng setiap memasuki bulan Safar tahun Hijriyah.

“Selain menggelar kenduri masak dan makan bubur nasi serta kacang hijau bersama di lingkungan masjid, sebelumnya pada malam hari kita juga menggelar pengajian yasinan dan doa yang dipandu langsung oleh imam gampong di masjid,” sebut Yusuf.

Dijelaskan, kegiatan kenduri tolak bala, yasinan dan doa bersama ini merupakan kegiatan positif yang dilaksanakan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah Swt. Juga untuk meminta dijauhkan segala bala baik terhadap diri masyarakat maupun negeri (daerah-red) serta dimudahkan segala urusan dalam kehidupan.

Lanjutnya, adapun prosesi makan bubur nasi dan kacang hijau bersama merupakan bahagian dari silaturahmi dan membangun ukhuwah antar sesama masyarakat Sungai Lueng. “Artinya silaturahmi ini juga salah satu upaya menolak bala, sehingga kehidupan masyarakat jadi tentram dan damai,” demikian Yusuf. (dai/slm)