Intensif Guru TPA Dewan Desak Bupati Keluarkan Perbup

Mawardi Wahid , Anggota DPRK Aceh Jaya

CALANG (RA) – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRK) Kabupaten Aceh Jaya, meminta pemerintah membuat Perbup (Peraturan Bupati) dalam peningkatan intensif para guru TPA.

Hal itu diungkapkan anggota DPRK Aceh Jaya, Mawardi Wahid, yang didampingi anggota Komisi D, Azhar, kepada Rakyat Aceh di Calang, Selasa (29/10).

Kondisi para guru ngaji baik di TPA, maupun Dayah memang sangat memprihatinkan dengan kondisi intesif Rp300. Ini sangat tergolong rendah di bumi Syari’at Islam.

“Kami meminta kepada Bupati Aceh Jaya segera mengeluarkan peraturan dalam bentuk Perbup, dengan demikian akan sangat membantu para tenaga pendidik yang mendidik dalam beramal dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” ujar Mawardi.

Ia menambahkan, kondisi tersebut tidak ada permintaan dari para guru TPA, maupun pesantren. “Ini semua hasil kajian kita dilapangan, dimana kita menemukan para guru tenaga pendidik harus adanya inisiatif perhatian kita bersama agar para pendidik kita sedikit membantu untuk urusan rumah tangga,” katanya.

Apalagi, sebutnya, kondisi para pengajar kebanyakan sudah menikah, hampir rata-rata mengajar harus menghadapi para santri hingga puluhan orang. “Sudah selayaknya adanya Perbup agar dapat dibayar intensif tersebut dengan memanfaatkan Dana Desa (DD), sehingga aparatur di desa dapat menjalankan aturan sesuai Perbup untuk memberi intensif kepada para guru TPA dan pesantren,” harap Mawardi. (say/bai)

Baca Juga...  Penyalahgunaan Aset Desa Tiga Aparat Desa Pendere Saril Gol di Kejaksaan