Zikir Akbar Rateb Seribe di Pondok Baru

Masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah mengahdiri zikir akbar rateb seribe di Kampung Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Minggu malam (27/10). MASHURI/RAKYAT ACEH

Dihadiri Ribuan Jamaah

REDELONG (RA)- Ribuaan jamaah yang bersal dari Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah mengahadiri zikir akbar rateb seribe (zikir sebanyak-banyaknya) yang diselengarakan Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Bener Meriah di Kampung Pondok Baru Kecamatan Bandar, Minggu (27/10) malam.

Kata koordinator MPTT-I Kecamatan Bandar, Ismail, Selasa (29/10) zikir rateb seribe yang dilaksanakan, dalam rangka meningkatkan keimanan sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019 serta memperingati hari santri ke-V.

Ia menambahkan, kegiatan itu bertema Mengembalikan eksistensi kesufiaan ditengah pemuda pemudi dan masyarakat Bener Meriah untuk kedamaian dan pemersatu bangsa.

Sementara Camat Bandar, Rais Abidin SH mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan zikir Akbar rateb seribe ini. “Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk mengisi kebutuhan rohani kita, dalam meningkatkan rasa kecintaan kita kepada sang pencipta yang telah memberikan kita rahmat dan anugerahnya sehingga kita bisa melaksanakan zikir,” ujarnya.

Sebutnya, saat ini sudah ada tiga wadah yang menghimpun umat Islam dalam meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT antara lain Majlis Zikrullah Aceh (MZA) yang berpusat di Kecamatan Bandar dan Alwaliyah atau Lita’arafu yang juga di Kecamatan Bandar dan Rateb Seribe yang berpusat di Kecamatan Permata.

“Wadah ini harus kita isi dengan kegiatan kerohanian dan wadah yang bisa mempersatukan umat untuk meningkatkan keimanan kita kepada sang Khaliq,” sebut Rais.

Selain itu ia juga mengaku sedang membuka ladang pahala dengan membangun Bandar Islamic Center (BIC) yang berada di Kampung Simpang Bahgie di atas lahan seluas 10 rante.

“Keberadaan BIC itu nantinya akan dijadikan untuk tiga fungsi yakni fungsi sosial, olahraga, dan fungsi study Islam,” jelasnya.

Ia juga berharap dengan berfungsi Bandar Islamic center (BIC) nantinya, dapat meningkatkan kualitas bidang keagaman bagi generasi serta meminalisir bocornya perdaran uang ke daerah luar.

“Selama ini setiap tahunnya, hampir Rp8 milyar uang kita beredar di daerah lain. Karena untuk saat ini begitu banyak anak-anak kita melanjutkan pendidikan baik pasentren (dayah) maupun sekolah, kuliah luar Bener Meriah,” terangnya.

Untuk itu, dengan adanya BIC dengan fungsi study Islamnya dapat merumuskan dan memprogramkan peningkatan kualitas pendidikan agama di daerah ini.

Selain itu, kegiatan zikir akbar rateb seribe yang diselengarakan di Pondok Baru itu, juga diwarnai dengan pembacaan makalah oleh anggota MPTT-I Kabupaten Bener Meriah di bawah pimpinan Alfakir Alisyah Algayoyi. (uri/han)