Sambai Sunti Abdya akan Dipasarkan

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim bersama istri menyerahkan hadiah utama kepada pemenang lomba sambai sunti Abdya, Senin (4/11). RAHMAD/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Para ibu muda yang berusia 30-35 tahun di Kabupaten Abdya menampilkan menu masakan khas Sambai Sunti Abdya yang akan dipatenkan.

Peserta yang mengikuti lomba festival masakan khan sambai sunti ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari kelompok 47 orang dan individu 13 orang. Perlombaan berlangsung di Pantai Bali, Senin (4/11) pagi ini disponsori oleh Akmal Ibrahim yang juga Bupati Abdya.

Pada kesempatan itu, Akmal Ibrahim selaku pembuka kegiatan tersebut menyebutkan kepada peserta yang juara bakal menjadi karyawan di perusahaanya nanti.

Akmal Ibrahim ingin sambal sunti ini mendunia karna apabila di olah dengan benar maka bakal menjadi makanan sehat.

“Saya berharap yang juaran nantinya menjadi karyawan saya dan nantinya bisa diproduksi sesuai standar stadar saya,” katanya.

Akmal juga berharap di festival ini akan melahirkan ahli sambal sunti mendunia, sebab sambai tersebut tidak ada dua di Aceh.

“Saya mencoba langsung untuk menjadi investor sambal sunti di Abdya. Dari hasil pemenang festival ini akan di patenkan serta bakal diproduksi dengan skala banyak,” paparnya

Menurutnya, sambai sunti ini mempunyai potensi yang sangat besar apabila di kelola dengan baik. Namun sangat disayangkan, banyak orang tidak melihat ini sebuah sebagai peluang bisnis besar.

“sambal sunti ini sangat ajaib karena orang Aceh tak lepas dengan menu makanan ini. Kedepan saya akan bangun PT sambai sunti untuk di produksi dengan skala banyak,” tuturnya

Ketua panitia pelaksana Festival Sambal Sunti Aceh Muhammad Taufik dalam laporannya mengatakan, festival ini mencari bibit yang handal dalam bidang kuliner. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk melahirkan generasi muda mudi di Abdya khususnya bidang kuliner untuk peluang usaha bisnis kedepan,” paparnya. (mag-80/bai)