Pemkab Abdya Bentuk Relawan Tagana Gampong

Ratusan relawan Tagana Gampong di Abdya ikut sosialisasi di Aula Bappeda setempat, Selasa (5/11). RAHMAD/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya, melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat bekerjasama dengan Dinsos Aceh mengadakan sosialisasi sahabat Tagana tingkat gampong dalam Kabupaten Abdya.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa 5 s/d Kamis 7 November 2019 di Aula Bappeda setempat. Sahabat Tagana gampong ini berjumlah 456 orang yang tersebar di 152 gampong dalam Kabupaten Abdya. Dari masing-masing gampong direkrut tiga orang.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT dalam kesempatan itu mengajak relawan tagana yang dibentuk itu bekerja semaksimal mungkin. Sebab, anggaran untuk relawan tagana itu sudah dianggarkan. Tagana harus siap, dan menjadi lembaga yang aktif apa lagi kedepan tagana masuk sekolah untuk mensosialisasikan kepada anak-anak.

Selain itu Wabup berharap kepada pekerja sosial ini harus menjadi mata, kaki dan tangan dalam hal membantu pemerintah, dalam hal menanggani bancana.

“Jika ada bencana kecil seperti tumbang pohon kayu yang menimpa rumah warga, jika bisa diselesaikan di desa oleh relawan lakukan saja, jika bencana besar baru dilaporkan ke tingkat kabupaten,” katanya.

Di sisi lain, dalam laporan Kadis Sosial Aceh Alhudry menegaskan, relawan yang dibentuk ini menjadi virus yang positif agar di kabupaten lain nantinya harus terbentuk relawan seperti di Kabupaten Abdya ini. “Sosialaisasi ini merupakan pertama di Aceh bahkan pertama di Indonesia,”katanya.

Menurutnya, Tagana merupakan wadah masyarakat yang didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana mulai dari risiko, siaga koordinasi dan peringatan dini.

Pihaknya sangat mengapresiasikan Pemkab Abdya yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut yang pertama di Indonesia. “Kegiatan ini sungguh sangat berguna dan bermanfaat,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Abdya Ikhwansyah dalam laporanya menyebutkan, tujuan sosialisasi ini untuk menyampaikam materi terkait penangganan bencana di lapangan nantinya, dengan harapan agar relawan tersebut mampu melakukan penanganan bencana, baik bencana kebakaran, banjir dan lain sebagainya tanpa mengenal waktu.

Pada kesempatan itu, pihak Dinsos Aceh juga dilakukan penyerahan bantuan bencana seperti sajadah dan kompor, selain itu juga diserahkan dapur umum berjalan yang siap digunakan saat bencana dan dimanapun dibutuhkan saat bencana. (mag-80/han)