Sarkawi Kukuhkan KTNA

Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi menyerahkan bendera komando kepada Ketua KTNA terpili dalam acara pengukuhan yang dilaksankan di Aula Setdakab Bener Meriah, Senin (11/5). FOR RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi, secara resmi mengukuhkan kepengurusan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bener Meriah, periode 2019 – 2024, di Aula Sedtakab, Senin (4/11).

Dalam sambutanya Bupati Sarkawi mengucapakan, selamat kepada kepengurusan yang baru dilantik dan dikukuhkan. “ Mudah-mudahan kepengurusan baru ini akan membawa semangat baru dan membawa ruh baru kepada organisasi,” katanya.

Ia juga berharap, pengurus KTNA Kabupaten Bener Meriah terpilih dapat membantu pemerintah daerah dalam bidang pertanian ke arah yang lebih baik dan maju.

Karena sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu zona pertanian di Aceh, bukan sebagai zona industri.

Untuk itulah katanya, berdasarkan visi misi Presiden Republik Imdonesia priode 2019 – 2024, ada program Dewa (Desa Wisata), Dewi (Desa Industri) dan Dedi (Desa Digital). “Semua produk-produk pertanian itu bisa di bawa ke luar melalalui media elektronik, dunia maya serta Medsos dan sebagainya” terangnya.

Dengan demikian lanjutnya, semua pemasarannya lebih mudah dan murah serta daya jangkaunya lebih luas. “Bener Meriah masuk dalam salah satu paket pengembangan ketahanan nasional, tujuannya adalah agar Bener Meriah bisa bergerak bersama dengan daerah lain,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah, Ir. Abadi dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Musda KTNA Bener Meriah berdasarkan SK DPA SKPD Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah No. 3.03/01/29/01/5/5 tanggal 2 Januari 2019, tentang Program Penganekaragaman Konsumsi Pangan.

Menurutnya, pemilihan pengurus KTNA Kabupaten Bener Meriah tahun 2019 – 2024, telah dilaksanakan hari itu juga sebelum dilakukan pelantikan dan pengukuhan.

Ia juga menjelaskan, KTNA adalah sebagai wadah musyawarah tani dan nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian yang sesuai dengan fungsinya.

“ Pengurus KTNA merupakan pengurus yang diandalkan dan dipilih secara periodik melalui anggota yang terdiri dari Portani, Pemuda, keluaga tani dan mitra tani yang berpropesi sebagai peran utama dalam berbagai usaha tani yang disampaikan kepada pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, Koordinator Wilayah Barat dan Tengah, Junaidi, SP mewakili Ketua KTNA Provinsi Aceh, berpesan agar setiap kegiatan terlebih dahulu untuk dilakukan rembuk bersama pengurus.

“ KTNA ini mulai dari desa sampai ketingkat Nasional dan memiliki visi misi ada dimana-mana dan kami tidak kemana-mana sehingga kami hanya mengabdi untuk petani dan nelayan dan pengabdian,” tegas Junaidi.

Adapun Pengurus KTNA Kabupaten Bener Meriah terpilih melalui Musda antara lain, Ketua Sugeng, Ketua I Burhanuddin Wakil Ketua, Jum Khairi, Sekretaris, Adli Sultan, Wakil Sekretaris, Pitra Ardiansyah dan Bendahara, Wan Jasmani.(uri/han)