KIG Perlu Penguatan Kapasitas Sumberdaya

Kelompok Informasi Gampong mengikuti pembekalan penguatan kapasitas sumberdaya, Rabu (6/11). HENDRA H/RAKYATACEH

SABANG (RA) – Guna meningkatkan peran Kelompok Informasi Gampong (KIG) sebagai wahana penyeberan informasi, Diskominfo dan Persandian Aceh berkejasama dengan Diskominfo dan Persandian Sabang menggelar pembekalan penguatan kapasitas sumberdaya, Rabu (6/11).

Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut, diadakan di Star Bungalow Iboih, Kecamatan Sukakarya itu diikuti 30 perserta yang berasal dari KIG dalam Kota Sabang.
Wali Kota Sabang dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Keistimewa Aceh Sekretariat Daerah Kota Sabang, Junizar, SH, MH mengatakan, pesatnya perkembangan informasi perlu diimbangi dengan peningkatan sumberdaya.

Pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kota Sabang terus berupaya mendorong berkembangnya Kelompok Informasi Gampong (KIG) untuk mendayagunakan informasi dan komunikasi dalam mendukung pembangunan.
“Informasi itu menjadi sangat penting, sehingga pengelolaannya juga perlu ditingkatkan melalui penguatan kapasitas sumberdaya KIG,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo dan Persandian Aceh, Al Fajriani AB, SE, MM, mengatakan, untuk memaksimal peran Kelompok Informasi Gampong perlu mendapatkan penguatan sumberdaya.

Terjalin komunikasi yang baik akan menjadi lebih efektif sebagai wahana penyampaian informasi secara tepat dan menjadi mitra dialog dengan pemerintah.

Penyebarluasan informasi juga dilakukan melalui berbagai sarana yang tumbuh berkembang di masyarakat, seperti pertunjukan rakyat, baliho, spanduk, leaflet dan sarana penyebarluasan informasi luar ruang lainnya.

Menurutya, Kelompok Informasi Gampong (KIG) berperan penting dan kiprahnya tidak hanya sebagai wahana penyebaran informasi, tetapi juga dapat menunjang kesejahteraan anggotanya melalui usaha mandiri.

“Oleh karena itulah diperlukannya menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai komunitas yang ada di masyarakat sekaligus memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung perkembangan KIG,” tutup Alfajian. (han/ra)

FOTO:
Kelompok Informasi Gampong mengikuti pembekalan penguatan kapasitas sumberdaya, Rabu (6/11).
HENDRA H/RAKYATACEH