MPD Terima Kunjungan Kepsek SMP/MTs

Para Kepsek SMP/MTs saat kunjungan ke MPD Langsa, Rabu (6/11).

LANGSA (RA) – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Langsa, menerima kunjungan Kepala Sekolah (Kepsek) dan Kepala Madrasah tingkat SMP dan MTs se-Kota Langsa di aula sekretariat MPD setempat, Rabu (6/11).

Ketua MPD Langsa, A. Samad Hasan, kepada Rakyat Aceh mengatakan, kunjungan para kepala sekolah tersebut adalah sebagai bentuk silaturahmi antar lembaga yang memiliki hubungan koordinasi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai tenaga pendidik.

“Dalam kunjungan itu, selain silaturahmi, banyak pembahasan lainnya yang kita sampaikan menyangkut pendidikan. Intinya, pembahasan itu untuk memajukan pendidikan di Kota Langsa, agar memiliki karakter dan daya saing untuk tingkat daerah, nasional maupun internasional,” sebut Samad.

Dijelaskan, dalam kesempatan itu MPD juga menyampaikan tentang keseragaman Komite Sekolah dibawah naungan MPD sesuai qanun Kota Langsa. Sehingga para kepala sekolah tahu perannya dalam pembentukan Komite Sekolah sebagai pengantar pengusulan surat keputusan kepengurusan komite ke MPD.

“Artinya, dulu Komite Sekolah di SK kan oleh Kepala Sekolah, sesuai dengan Permendikbud, namun sekarang kita merujuk pada qanun yang merupakan turunan dari UU Nomor 11 tahun 2006 tentang pemerintah Aceh, yaitu SK Komite Sekolah dikeluarkan oleh MPD.

Jadi dengan demikian jelas status Komite Sekolah bukan atasan atau bawahan dari kepala sekolah, tapi mitra dalam mengawasi pelaksanaan pendidikan di Kota Langsa.” Demikian ujar Samad. (dai/slm)