Investor Prancis Siap Tampung Nilam Bener Meriah

Nilam/Net

REDELONG (RA) – Terkait Wacana pengembangan nilam di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, investor asal Prancis melakukan kunjungan ke Bener Meriah dan disambut langsung Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi di Pendoponya, Sabtu (16/11).

Bupati Bener Meriah menyampaikan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut diskusi antara Pemkab Bener Meriah dengan ARC Pusat Nilam Aceh dan Dirjen Beacukai dengan pihak investor.

“Selama ini investor Prancis mengambil minyak nilam melalui pihak-pihak lain dan dari daerah lain sementara mereka mengetahui bahwa nilam terbaik itu ada di Aceh, sehingga kita kan berupaya untuk melakukan pengembangan nilam di Kecamatan Pintu Rime Gayo, yang selama ini tidak maksimal pemanfaatnya,” katanya.

Disebutkanya pihak investor yang dipimpin langsung oleh Mr Mustopa asal Nadgrin, Prancis akan meninjau langsung lahan yang ada di Kecamatan Pintu Rime Gayo. “Kita juga ingin masyarakat kita menanam nilam dan hasilnya nanti akan ditampung oleh pihak investor tanpa perantara,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini pengembangan nilam di Aceh terkenadala pembeli sehingga melalui program tersebut masyarakat tidak perlu khawatir barang yang di taman tidak laku sebab, sebelum dilakukan penanaman, pembeli sudah ada.

“Kita akan membantu hasil tanam masyarakat untuk mengolahan yang lebih baik agar menghasilkan minyak nilam terbaik dan nilam ini akan menjadi salah satu komonditi ungulan di Bener Meriah selain kopi,” tegasnya.

Ia menambahkan, Kecamatan Pintu Rime Gayo memiliki sejarah nilam di Kabupaten Bener Meriah dan sangat bagus ditanami nilam, namun akibat pembeli yang tidak jelas masyarakat meningalkan tanaman tersebut dan beralih ke tanaman lain.

Sarkawi juga berharap, pengembangan nilam di Bener Meriah dapat dilakukan sehingga kawasan yang berada di atas ketinggian 1000 Dpl dapat dimaksimalkan dengan tanaman komonditi kopi, sementara kawasan yang rendah akan ditanami komenditi-komonditi lain seperti halnya nilam dan gaharu. (uri/bai)

Baca Juga...  Oloan Tua Partampuan Resmi jadi Kuasa Hukum UGP