Tim Kemenkeu melihat dan memantau langsung kolam aie sajuak, Gampong Bakau Hulu, Kecamatan Labuhanhaji, Aceh Selatan, Selasa (19/11). For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Kolam renang yang treletak di Gampong Baku Hulu, Kecamatan Labuhanhaji, Aceh Selatan, kini terlihat kembali indah dan kolam sudah dipenuhi air.

Dengan berfungsinya kembali kolam ini dapat memajukan desa sebagai lokasi wisata Islami. Kolam ini dibangun diberi nama kolam aie sajuak, yang dibangun sejak 1987 lalu. Namun sekitar 10 tahun lalu, kolam ini terbengkalai. Biasanya kolam ini digunakan tempat pemandian.

Keuchik Gampong Bakau Hulu, Kecamatan Labuhanhaji, Khaliardi mengatakan, kolam aie sajuak sekarang sudah bisa difungsikan untuk pemandian. Indahnya lagi kolam ini dilengkapi air mancur.

“Kolam berukuran 8 x 12 meter, kedalam ada uang anak anak dan anda untuk orang dewasa. Sekarang sudah bisa kita fungsikan kembali,” ujar Khaliardi, Selasa (19/11).
Khaliardi mengungkapkan, untuk membangun kembali sudah ada rencana dari beberapa tahun lalu, namun belum terwujud.

“Alhamdulillah di tahun 2019, sudah terwujud,” jelasnya.
Ia berharap kepada masyarakat Bakau Hulu, dapat memanfaatkan kolam tersebut tidak membuang sampah sembarangan ke dalam kolam. Bahkan air kolam terlihat begitu jernih, sebab air diambil dari pegunungan.

Pada hari yangs sama, kata Khaliardi, Bakau Hulu, dikunjungi tim aksistensi pendamping desa Kementerian Keuangan sebagai desa yang mendapatkan nilai tertinggi, saat lomba desa se Aceh di Subulussalam.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua, semoga desa Bakau Hulu mendapatkan desa terbaik tingkat provinsi,” jelasnya.

Sebutnya, lomba desa di tingkat provinsi Aceh, kurang lebih ada 7 desa yang ikut serta, salah satunya Gampong Bakau Hulu. (adi)