BANDA ACEH (Ra) – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh semua pihak agar ikut memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aceh, agar sektor ini mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tidak boleh lalai bahwa revolusi industri 4.0 yang berbasis teknologi digital juga sudah menyentuh UMKM.

“Saat ini jasa ojek saja sudah menggunakan teknologi informasi, apalagi industri kecil yang dikelola masyarakat, sudah harus menggunakan teknologi,” kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat membuka event “Aceh UMKM Expo 2019” di Kampus UMKM Aceh, Dinas Koperasi dan UKM Aceh Jalan P. Nyak Makam No.12 Lampineung, Banda Aceh, Jum’at 22 November 2019.

Plt Gubernur Aceh juga meminta pelaku UMKM tidak boleh larut dengan masalah permodalan saja, larut dengan managemen dan marketing saja, teknologi juga harus menjadi pendamping memajukan UMKM.

“Dengan memanfaatkan teknologi kita bisa lebih mendorong UMKM Aceh lebih berkualitas, efesien, cepat, dan mampu memberi keuntungan yng lebih tinggi,” jelas Nova.

Dijelaskan, revolusi industri 4.0 saat ini, 3000 kali lebih cepat dibndimg revolusi industri pertama, sehingga sangat berpengaruh pada sistem pasar, dan bisa merubah memodofikasi pasar.

“Sektor UMKM harus melihat ancaman ini, dan harus ikut pada tren ini untuk dijadikan potensi mengelola usaha kedepan,” ujar Plt Gubernur Nova Iriansyah.

Nova Iriansyah juga menyampaikan, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Aceh pada pemghujung tahun 2018 di Aceh terdapat sekitar 95.000 UMKM, sektor usaha ini menyerap hampir 85% dari semua tenaga kerja yang ada di Aceh. Untuk Produk domestik bruto (PDB) Aceh mencapai 55,56 persen.

“Tidak ada alasan bagi Pemerintah Aceh tidak membina sektor ini, termasuk upaya memberi kemudahan UMKM di Aceh untuk maju, berkembang, dan mandiri,” Demikian Plt Gubernur.

“Aceh UMKM Expo 2019” adalah rangkaian peringatan hari UMKM ketiga yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Aceh ini dijadwal berlangsung 22-26 November 2019, selain menghadirkan pelaku UMKM di Kabupaten/Kota se-Aceh, turut serta lembaga koperasi asal malaysia, Sumatera Utara, dan Jakarta. Ikut pula Lembaga perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.

Laporan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Dr. Wildan menyampaikan, acara “Aceh UMKM Expo 2019” diberi Tema UMKM Kuat Bangsa Berdaulat yang diisi dengan Bazar dan Pameran, Talkshow, dan Hiburan.[]