Warga membersihkan lumpur yang melanda banjir di gampong mereka, For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Sebanyak 40 rumah warga di Gampong Hulu Pisang, Kemukiman Pisang, Kecamatan labuhanhaji, Aceh Selatan, dilanda banjir, pada Sabtu (23/11) sekitar PUKUL 19.30 WIB. Hal yang sama juga terjadi di Gampong Manggis Harapan, Kecamatan Labuhanhaji yang merendam 9 rumah warga. Saat ini, kondisi air sudah mulai surut.

Penyebabnya, naiknya air ke rumah warga sekitar 60 cm meter ini, tidak ada pengaturan pintu air yang berada di Gampong Hulu Pisang.

Ditambah lagi, musim hujan yang deras melanda gampong tersebut. Hasil Berita Acara Rapat Tindak lanjut (RTL), musibah banjir setelah ditelusuri banyak rumah warga yang barang elektroniknya rusak tidak bisa dipakai lagi.

Kajian masalah, pada Sabtu (23//11) pukul 21.00 WIB menghadirkan sebagai pengkaji masalah di antaranya Muspika, Damkar Labuhanhaji, Pemerintah Desa hulu Pisang, Mukim Pisang, Tokoh masyarakat, lembaga Tagana, TKSK Dinsos, pemerintah Desa Pisang, pemerintah Desa Tengah Pisang melakukan rapat tersebut.

Hasil dari kajian ini adanya penyempitan saluran dan pembangunan pagar beton Kantor Keuchik Hulu Pisang, serta disebabkan dari pintu air irigasi Banda Gadang kurang pengaturan.

Informasi ini sebagaimana disampaikan Camat Labuhanhaji, Gusmawi Mustafa, SE, Minggu (24/11).Masih kata Gusmawi, dalam pertemuan dan rapat tersebut, telah mengahsilkan beberapan harapan warga sebagai solusi, Tidak terjadinya lagi musibah banjir yang melanda desa sekitar kemukiman pisang,

Pengaturan tanggul yang baik pada irigasi Banda Gadang, pengadaan/pembangunan irigasi untuk mengurangi debit air ketika curah hujan tinggi melanda kemukiman pisang, perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten melalui musrenbang desa dan musrenbang kecamatan, pengoptimalan serana dana desa untuk kegiatan fisik supaya tidak mengganggu lagi terjadi musibah banjir,

penyerapan dana desa dari subbidang pemberdayaan kemasyarakatan untuk kegiatan fisik dari Desa Hulu pisang, penambahan alternatif pintu tengah pada irigasi Band Gadang, kejelasan status penjaga pengatur air di irigasi Banda Gadang, usulan pembangunan fisik penanggulanngn musibah banjir pada musrenbang.

Menurut data sementara, sambung Gusmawi Mustafa, banjir berdampak pada 49 KK di Gampong Hulu Pisang dan 9 KK di Gampong Manggis Harapan. (adi).