2020, Simeulue Terapkan Pasar Hari Pekan

Rakyat Aceh

SIMEULEU (RA) – Belasan unit pasar rakyat yang dibangun Pemerintah di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue, akan difungsikan menjadi pusat lokasi pasar hari pekan tahun 2020 mendatang.

Wacana akan digalakannya pasar hari pekan dengan memberdayakan13 unit pasar rakyat itu, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat, untuk menjual hasil sumber daya alam yang ada di Kabupaten Simeulue.

Hal itu dijelaskan Bupati Erly Hasim, yang ditemui Harian Rakyat Aceh diruang kerjanya, Selasa (26/11).

“Untuk menumbuhkan perekonomian rakyat Simeulue, maka tahun 2020 mendatang, fasilitas pasar rakyat yang telah selesai dibangun dan ada yang sedang dibangun, akan kita jadikan lokasi pasar hari pekan,” katanya.

Masih menurut Bupati Erly Hasim, nantinya setelah diterapkannya pasar hari pekan untuk menjual hasil sumber daya alam lokal itu, diharapkan seluruh warga yang tinggal dan menetap di pulau Simeulue, termasuk para pejabat dan ASN yang bertugas di daerah untuk belanja di pasar tersebut.

Rencana pelaksanaan pasar hari pekan tahun 2020 mendatang, perdana akan ?digelar dilokasi pasar rakyat, Kecamatan Teupah Selatan. Dan secara bergiliran dilaksanakan setiap bulannya pasar hari pekan di Kecamatan lainnya.

“Diharapkan seluruh warga dan pejabat maupun ASN, untuk belanja di lokasi pasar hari pekan, untuk membeli dan belanja hasil bumi kita, dan pasar hari pekan ini dilakukan secara bergiliran oleh kecamatan lainnya,” tegas Erly Hasim.

Kesiapan untuk menghadapi pemberlakukan pasar hari pekan itu, pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Simeulue, mengaku telah siap untuk kebutuhan wacana pelaksanaan transaksi hasil bumi lokal, perkebunan, pertanian, perikanan dan hasil kerajinan rakyat di pasar hari pekan.

“Kita sudah siap, termasuk 13 unit pasar rakyat yang tersedia di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue, dan ini kita yakin akan terjadi transaksi jual beli dari rakyat untuk rakyat dari hasil bumi kita, seperti hasil perkebunan, pertanian, perikanan dan hasil kerajinan rakyat,” kata Zaitun SE, Plt Kadis Perdagangan Kabupaten Simeulue. (ahi/adi)