Canopy Kunjungi Gayo Lues

Tim Canopy foto bersama dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua, DPRK Gayo Lues. BAMBANG YUDI/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA)– Direktur Canopy, Lembaga konservasi alam asal Kanada, Nicole Rycroft, bersama satu tim ahli konservasi mengunjungi Gayo Lues, untuk melihat kondisi Taman Nasional Gunung Lauser.

Dalam lawatannya, Selasa (26/11), tim Canopy di terima langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues, Forkompimda, Ketua DPRK serta anggota, Sekda dan jajaran SKPK terkait.

Nicole Rycroft, Executive Director dan Founder Canopy menyebutkan dirinya sangat terkesan dengan sambutan Bupati. Dirinya sudah lama menikmati kopi Gayo yang sangat enak.

Dirinya sangat tahu Gayo Lues, budayanya sangat kaya sekali, menjadi satu keindahan di Kawasan Ekosistem Lauser. Dirinya sangat berterimah kasih kepada Bupati yang sudah meluangkan waktu dan tempat untuk berdiskusi.

Kedatangan ini merupakan satu pembelajaran yang sangat panjang semacam pertukaran pengalaman. Sebelumnya Canopy sudah mengembangkan ekonomi berbasis konservasi di kanada.

“Dan sistem itu akan di kenalkan di Gayo Lues dengan harapan ini bisa mendukung ekonomi masyarakat setempat dan bisa menjaga alamnya,” katanya.

Canopy adalah organisasi internasional nirlaba dengan tujuan melindung hutan iklim dan melindungi hak-hak masyarakat. Canopy bekerja dengan 750 perusahaan global seperti Levis Newyork Time.

“Ini adalah perusahaan yang membeli produk kertas klain dan lainnya dan Canopy membantu menyusun kebijakan lingkungan dari perusahaan tersebut. Perusahaan ini mau mendukung leand scape dunia dan alam,” kata Nicole.

Wahdi, pendamping tim Canopy dari pusat kajian perubahan iklim Unsyiah menyebutkan kedatangan tim Canopy ke Aceh merupakan tindaklanjut dari Kunjungan Kepala Bappeda Aceh bersama beberapa Bupati ke Kanada untuk belajar bagaimana membangun skema pembiayaan konservasi yang berkelanjutan, apalagi, Qanun Pengelolahan Satwa Liar yang baru disahkan.

Terkait dengan itu Pemerintah Aceh berencana membangun perwalian satwa liar sehingga agenda ini bisa disinkronkan untuk membangun sport terutama bagi kabupaten-kabupaten yang berada di wilayah hulu seperti Gayo Lues ini.

“Canopy akan memberikan sport bagaimana tentang pembiayaan hijau yang berbasis konservasi,” sebutnya.

Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru mengatakan Canopy merupakan lembaga pelestarian alam yang memiliki banyak founder. “Kunjungan ini merupakan awal yang baik bagi Gayo Lues untuk bekerjasama dengan mereka dalam upaya pelestarian hutan, baik pada hutan lindung maupun Taman Nasional Gunung Lauser,” sebut Bupati H Muhammad Amru.

Usai bertemu tim Canopy melakukan kunjungan melihat objek wisata seperti Agusan dan akan melakukan pertemuan tertutup dengan SKPK terkait. (yud/bai)