Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 28 Nov 2019 09:46 WIB ·

Petani Aceh Besar Dilatih Cara Pengolahan Cabai Merah


 Petani Aceh Besar Dilatih Cara Pengolahan Cabai Merah Perbesar

Petani Aceh Besar Dilatih Cara Pengolahan Cabai Merah

LAMBARO (RA) – Petani Cabai di Kabupaten Aceh Besar mendapat pelatihan olahan cabai merah dari bantuan teknis klaster cabai merah tahun 2019.

Kegiatan ini adalah kerjasama antara kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh dan pusat riset pengembangan pertanian organik Universitas Syiah Kuala dengan Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Kamis (28/11).

“Kita sangat senang dengan adanya program ini dari BI sehingga petani Cabai Merah kita khususnya di Aceh Besar semakin semangat dan mampu menjadi penggerak bagi petani-petani yang lain,” kata Inda Wahyuni, dalam sambutannya mewakili Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Besar.

Untuk program pendampingan hilirisasi produk dari BI menggandeng empat kelompok tani, satu berada di Kecamatan Lembah Seulawah dan tiga kelompok tani berada di Kecamatan Masjid Raya.

“Kami dari BI sangat membutuhkan peran serta baik dari petani Cabai, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) maupun dari kampus Universitas Syiah Kuala. Sebagaimana kita ketahuibersama, untuk tahun ini BI menganggarkan kucuran dana yang lebih besar pada Klaster Cabai Merah, kalau tahun sebelumnya hanya 1 hektar untuk 4 kelompok tani, tapi tahun ini kita tingkatkan menjadi 4 hektar untuk empat kelompok”. Ungkap Andria Vidiatama, perwakilan dari BI saat pembukaan acara.

“Kita berharap semua inovasi dan teknologi bisa teraplikasidilahan yang menjadi Klaster kita, jadi kita harap petani bisa berperan aktif dalam kegiatan ini sehingga pendampingan ini terlaksana dengan baik”. Ungkap Syafruddin selaku Dosen Universitas Syiah Kuala yang fokus pada budidaya Cabai Merah Organik.

Dalam setiap kegiatan budidaya, kehadiran Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sangatlah perlu diperhatikan sehingga tanaman cabai merah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan mampu memproduksi secara maksimal. “ Di wilayah binaan saya, yaitu dikelompok tani Bunga Harapan, GampongLonBaroh Kecamatan Lembah Seulawah adanya serangan jamur Phytophthora yang menimbulkan gejala busuk pangkal batang”. Jelas Khairullah, PPL BPP Lembah Seulawah.

Lain halnya dengan kondisi petani Cabai Merah di kawasan Kecamatan Mesjid Raya, khususnya di GampongLadong, yaitu terjadi keriting daun cabai merah. “didaerah kami banyak serangan hama yang menyebabkan daun cabai keriting. Dalam program dengan BI ini kami ada tiga kelompok tani yang tergabung kedalamGapoktanLadong Makmur”. Jelas Dessy Novianti, PPL BPP Baitussalam.

Konsistensi BI dalam membantu petani-petani di Aceh khususnya Aceh Besar sangat membantu para petani dalam kegiatan budidayanya.

“BI sangat konsisten dalam hal ini, sejak 2017 seperti sudah mulai mendampingi petani-petani dikawasanKrueng Raya Kecamatan Mesjid Raya. Harapan saya, bukan hanya empat kelompok ini saja yang menjadi sasaran, tapi bidang peternakan juga harus menjadi mitra BI, karena di Aceh Besar apalagi di Kecamatan Mesjid Raya adalah populasi ternak terbanyak dan sangat membutuhkan manajemen dalam peternakan”. Harap Khaidir Tim Cyber Distan Aceh Besar. (rel/ra)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Epson Indonesia Sajikan Bukber Spektakuler, Sinergi Bersama Media dan Hikmah Ramadan

28 March 2024 - 13:45 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Bulan Puasa

28 March 2024 - 13:15 WIB

Ramadan Penuh Makna, The Reiz Suites, Artotel Curated Medan Bagikan Sembako Ke Beberapa Rumah Tahfidz Dan Panti Asuhan

28 March 2024 - 11:38 WIB

Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan

28 March 2024 - 00:01 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS