Gebetan Juara Tiga LKS Tingkat Provinsi 2019

Rakyat Aceh

ACEH TAMIANG (RA) – Yayasan Gerakan Berbagi Tamiang (Gebetan) keluar sebagai juara tiga Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019.

Atas prestasi itu, pihak Dinsos Aceh menyerahkan piagam penghargaan yang diterima Sekretaris Gebetan, M. Hendra Vramenia pada penutupan Sosialisasi LKS Online di Oasis Hotel, Banda Aceh kemarin.

“Alhamdulillah, piagam penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh pengurus dan relawan Gebetan selama ini. Dan semua ini bukanlah target tapi bonus bagi Yayasan Gebetan,” ujar Ketua Yayasan Gebetan dr. Rahmadsyah Putra didampingi M. Hendra Vramenia kepada awak media.

Rahmad menjelaskan, Yayasan Gebetan bendiri di bulan Januari 2015 dan baru mengurus legalitas dari Menkunham pada bulan Mei 2018.

Walaupun belum mengurus legalitas, di tahun 2015-2017, yayasan Gebetan melakukan aksi-aksi besar seperti melakukan aksi peduli Rohingnya pada tahun 2015 dengan membangun “happy center,” mesjid Muhajirin, green kurban untuk para pengungsi rohingnya dan memberikan trauma healing untuk anak-anak pengungsi Rohingnya.

Selanjutnya, di tahun 2016, yayasan Gebetan melaksanakan beberapa kegiatan seperti pelaksanaan Green kurban di daerah pendalaman Aceh Timur desa Melidi, Tampur Bor, Tampur Paloh dan pembangunan mesjid tahan gempa di Trieng Gadeng Kabupaten Pidie Jaya.

Pada tahun 2017, Yayasan Gebetan bersama para relawan Edi Fadhil dan stakeholder lainnya melakukan pembangunan sekolah Mis Al Kautsar Kampung Jambo Rambong Kecamatan Bandar Pusaka.

Selain itu juga melaksanakan kegiatan berbagi takjil di bulan Ramadhan dan pendampingan perobatan bagi penderita kanker tulang dan gerakan peduli sampah.

Kemudian di tahun 2018, yayasan Gebetan memberikan trauma healing untuk korban gempa Lombok di Sembalun Lombok Timur dan pembangunan mesjid tahan gempa di sembalun.

Selanjutnya penanganan korban bencana alam gempa dan tsunami palu, Green kurban untuk desa miskin, terpencil dan rawan aqidah, penyerahan bantuan Alat Bantu Dengar (ABD) untuk penyandang disabilitas di Aceh Tamiang, berbagi takjil ramadhan, penyerahan bingkisan untuk petugas kebersihan dan guru bakti terpencil, wakaf alquran ke mesjid dan pesatren serta penyerahan bantuan korban banjir bandang di kampung Paya Tampah Aceh Tamiang.

Sedangkan di tahun 2019, kegiatan Yayasan Gebetan meliputi berbagi takjil ramadhan, penyerahan bantuan alat bantu dengar, pemberian bingkisan bagi petugas kebersihan dan guru bakti di desa terpencil, dan wakaf Alquran.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, karya nyata dari Yayasan Gebetan makin dirasakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Aceh Tamiang khususnya,” cetus Rahmad. (urd/slm)