Rumah Kreatif BUMN Adakan Workshop Untuk Pelaku UKM Berbasis Digital

FOTO BERSAMA : Peserta dan narasumber workshop foto bersama, Selasa (3/12). FOTO IST/RAKYAT ACEH

ACEH UTARA (RA) – Rumah Kretif BUMN (RKB) Aceh Utara Binaan PLN UIW Aceh bekerjasama dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe menggelar workshop UMKM Enterprise Solution dengan tema ‘ Menciptakan UMKM di era digitalisasi melalui rumah kreatif BUMN PLN’ di Aula Seromoe Malikussaleh, PT PLN UP3 Lhokseumawe, Selasa (3/12).

Workshop dibuka oleh Manager UP3 Lhokseumawe Heru Eriady, dalam sambutannya disampaikan bahwa para pelaku usaha harus mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkam sistem digital marketing agar UKM binaan PLN UIW Aceh melalui RKB Aceh Utara sudah dapat bersaing untuk mempromosikan hasil produknya agar kedepannya bisa Go Nasional maupun Go Internasional melalui media online dalam menjualkan hasil produknya agar dimasa mendatang lebih maju dan berkembang.

Manager Komunikasi PT PLN UIW Aceh, Teuku Bahrul Halid dalam sambutannya menyampaikan, dengan dilakukan workshop ini oleh RKB PLN Aceh Utara semoga dapat meningkatkan ekonomi kreatif di semua pelaku UKM Kota Lhokseumawe khususnya dan Provinsi Aceh pada umumnya.

Dirinya menyampaikan bahwa, PLN UIW Aceh melalui RKB PLN Aceh Utara sudah mengirimkan pelaku UKM untuk mengikuti Pameran tingkat Internasional di Malaysia dan pameran tingkat Nasional di PLN pusat dalam rangka HLN ke- 74.

“Semoga kedepan kami akan mengusulkan ke PLN Pusat ukm-ukm ini dapat diikut sertakan lebih banyak lagi untuk melakukan promosi produknya lebih berkembang,” kata Bahrul.

Workshop kali ini menghadirkan narasumber, Ridwan, owner Gayo Lane Coffee, salah satu penggusaha kopi yang sukses, mengangkat tema UKM Aceh Go Digital.

Dalam kesempatan tersebut Ridwan menyampaikan, jika pelaku usaha tidak merubah sistem pemasaran secara bertahap dari konvensional ke digital maka akan sulit untuk bersaing. “Dengan mengguna online, kita bisa mempromosikan produk yang kita jual 24 jam, dapat membuka pasar lokal, Nasional maupun Internasional,” ujar Ridwan.

Sesi kedua workshop diisi oleh TIM dari Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) dengan Tema UMKM Enterprise Solution dengan menampung semua masukan dari UKM untuk mencari solusi dari pelaku UKM, dan pihak politeknik sudah mempunyai solusi diantaranya, packing,anti basi, pemasaran, pembukuan.

Disela – sela workshop ini juga dilakukan bazar menampilkan hasil produk-produk kuliner maupun kraf UMKM Binaan RKB Aceh Utara. (ra)