Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

GAYO-ALAS · 4 Dec 2019 06:52 WIB ·

Tiga Sungai Meluap Ancam Air Bersih dan Perkampungan


 BAMBANG YUDI/RAKYAT ACEH
Kondisi material sisa meluapnya banjir sungai Tebukit Perbesar

BAMBANG YUDI/RAKYAT ACEH Kondisi material sisa meluapnya banjir sungai Tebukit

BLANGKEJEREN (RA) – Tiga sungai yaitu Aih Sekat, sungai Jahul dan sungai Kedah meluap akibat derasnya hujan yang terjadi pada Senin (2/12) sore.

Akibatnya mengacam perumahan warga beberapa kampung yang di lintasinya dan memutuskan pasokan air bersih.

Sungai Jahul yang berhulu dari air terjun Akang Siwa dan melintas di Desa Tebukit meluap dengan membawa material lumpur dan bongkahan kayu.

Meluapnya sungai secara tiba-tiba ini membuat panik masyarakat yang berada di sekitaran bantaran sungai, karena takut terkena himbasnya dan mengungsi ke Puskesmas.

Kepanikan juga terjadi bagi masyarakat yang ada dihilir sungai tepatnya Desa Nampaan Uken, Desa Nampaan, Desa Bukit dan Penampaan. Ketinggian tidak seperti biasa dan sangat mengkuatirkan meskipun tidak sempat memakan korban.

Ramli, warga Desa Tebukit, Kecamatan Blangpegayon menyebutkan air awalnya biasa saat hujan deras terjadi di atas pegunungan langsung datang bak air dengan membawa material lumpur dan kayu.

“Kami sempat mengungsi karena ketakutan. Namun, Alhamdullilah saat ini sungai sudah nornal kembali,” sebutnya.

Hal yang sama juga terjadi pada sungai Aih Sekat sebagai sumber air bersih meluap dengan hebatnya hingga instalasi air bersih yang ada di sana mengalami kerusakan. Pada jam yang sama air sungai Kedah juga ikut meluap tapi masih aman bagi pemukiman warga.

Direktur PDAM Tirta Sejuk, Ali Husni sempat membuat pengumuman lumpuhnya pasokan air bersih yang bersumber dari Aih Sekat, Kampung Tetingi, Kecamatan Blangpegayon.
Distribusi air bersih belum dapat di distribusikan berhubung terjadi bencana banjir bandang, Senin 2 Desember 2019.

Menurutnya daerah yang mengalami gangguan distribusi Kp Cinta Maju, Kompl Perkantoran Gayo Lues, Kp Jawa, Kota Blangkejeren, Kp Sentang, Blower, Terminal, Buntul Tajuk.

Menurutnya, pasokan akan normal kembali setelah kerusakan yang terjadi selesai diperbaiki. Saat ini pihaknya sedang di lapangan untuk melakukan perbaikan. (yud/bai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bandara Alas Leuser Perintis Kembali Beroperasi

17 March 2024 - 15:52 WIB

Musrenbang RKPK 2025 Ditutup, Pj. Sekda Ingatkan Camat Kawal Usulan Prioritas

8 March 2024 - 21:58 WIB

Pemkab Aceh Tenggara Pastikan Harga Sembako Stabil

8 March 2024 - 16:55 WIB

Hujan Deras, Aceh Singkil Banjir

7 March 2024 - 23:29 WIB

Pasar Murah Pemkab Agara Disambut Antusias Masyarakat

7 March 2024 - 08:21 WIB

Bazar Pasar Murah, Pemkab Aceh Tenggara Siapkan 10 Ton Bahan Pokok

6 March 2024 - 10:31 WIB

Trending di DAERAH