Ketua Pelatda Bachtiar Hasan Evaluasi Cabor Lolos PON

Banda Aceh (RA) Ketua Pelatda Bachtiar Hasan KONI Aceh menyarankan sejumlah cabor yang telah lolos PON 2020 Papua. Sampai saat ini ada 25 cabor yang lolos dengan jumlah 124 atlet.

Kita akan mengevaluasi kembali dimana hasil rapat kerja KONI (buku putih) Aceh beberapa waktu lalu cabor yang lolos merupakan satu sampai empat (beregu) sedangkan perorangan satu sampai delapan, katanya Jumat kemarin.

Hasil pelatda pra PON dan Porwil semua cabang telah mengikuti selama delapan bulan (prioritas 1 dan 2). Ada tiga cabang yang gagal, Catur, Karate dan Tinju.

Kita akan minta laporan dari pengprov dan pelatih mengenai kegagalan tersebut. Sebab mereka diberikan fasilitas penuh menggunakan anggaran daerah.

Dan yang membanggakan KONI Aceh ada 14 cabang prioritas empat dan mereka lolos PON dan sebagian masuk dalam l’ine up’ buku putih dan sebagian cabor lainnya tidak.

25 cabor yang lolos, prioritas empat, sepakbola, renang, senam, judo, pencak silat, balap motor, sepak takraw, selam, layar, bilyard, terjun payung, wushu, golf dan sepatu roda.

Prioritas empat ini yang mendapat medali emas hanya sepakbola emas, renang, tiga emas, silat dua emas dan bilyard, perak selebihnya hanya lolos petingkat PON. Ini perlu dievaluasi kembali karena sangat berat jika nanti berlaga di Papua, kata Bachtiar. (imj)