Gampong Bale Musa Gelar Pilchiksung

Warga Gampong Balee Musa, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, antusias mengikuti Pilchiksung, Rabu (11/12). ikhsan lancok/rakyat aceh

MEUREUDU (RA) – Masyarakat Gampong Bale Musa, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, mengikuti Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung), Rabu (11/12).

Pilchiksung Gampong Bale Musa tersebut, rencananya digelar bersamaan dengan sejumlah gampong lain di Kabupaten Pidie Jaya pada 13 November lalu, setelah keluarnya putusan PTUN Banda Aceh atas gugutan SK pemberhentian Marzuki sebagai Keuchik Bale Musa.

Namun agenda tersebut gagal dilaksankan karena persiapan belum rampung.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, keuchik sebelumnya, Marzuki, kalah dalam gugatan melawan Bupati Pidie Jaya atas pemberhentian sebelum masa jabatan berakhir di PTUN Banda Aceh.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekdakab Pidie Jaya, Muslim Khadri kepada Rakyat Aceh mengatakan, Pilchiksung di Gampong Balee Musa merupakan lanjutan dari agenda Pilchiksung serentak beberapa waktu lalu. Namun, saat pemilihan serentak bulan lalu, gampong tersebut gagal melaksanakannya.

” Pemilihan keuchik baru di Gampong Bale Musa itu merupakan lanjutan dari agenda Pilchiksung serentak beberapa waktu lalu. Pemilihan di gampong itu dilakukan setelah PTUN memenangkan Bupati atas gugatan yang dilayang mantan Keuchik sebelumnya,” ujar Muslim Khadri.

Sebenarnya dijelaskan Muslim, bersamaan dengan gampong Bale Musa ada lima gampong lagi yang gagal melaksanakan Pilchiksung bulan lalu. Terdiri dari Gampong Mesjid Peuduek, Kecamatan Trienggadeng.

Gampong Blang Cari, Pulo Lhok, dan Gampong Lhok Gajah, Kecamatan Ulim. Dan Gampong Keude Ulee Gle dan Gampong Asan Kumbang, Kecamatan Bandar Dua.

” Dalam waktu dekat kelima gampong tersebut akan juga akan mengelar Pilchiksung. Sehingga agenda pelantikan dapat dilaksanakan Januari 2020,” sebutnya.

Diketahui dan sebagaiman diberitakan sebelumnya, pada 21 Januari 2019, atas nama Bupati, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi mengeluarkan SK pemberhentian terhadap Keuchik Gampong Balee Musa, atas nama Marzuki.

Tak terima dipecat sebelum masa baktinya berakhir, Marzuki melayangkan gugatan atas SK tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN) Banda Aceh. Tapi naas dan nasib tak berpihak pada nya. Di mana dalam putusannya, majelis hakim menolak gugatan sekaligus memenangkan Bupati Pidie Jaya atas keputusan memberhentikan Keuchik Bale Musa tersebut dari jabatannya. (san/slm)