Siap Di Salurkan 4500 Bebek Masuk Karantina

Kepala Kejaksaan (Kajari) Aceh Tenggara Fithtrah Sh, selaku TIM TP4D didampingi Pihak Dinas Pertanian beserta Rekananan, saat meninjau bebek bantuan Pemda di tempat karantina, Rabu (11/12). Nauval Rakyat Aceh

KUTACANE (RA) – Sebanyak 4500 ekor bebek petelur sisa bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara untuk sembilan kelompok ternak didaerah ini masuk masa karantina.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Tenggara Asbi SP, pada tahun ini melalui Aangaran Pendapat Belanja Kabupaten (APBK) 2019, pihaknya memberi bantuan hibah bebek untuk 169 kelompok ternak tersebar di 15 Kecamatan, namun bantuan itu baru tersalurkan kepada 160 kelompok, dan sisanya akan disalurkan sebelum kontrak kerja berakhir.

” Sisa 4500 bebek untuk sembilan kelompok tani tersisa, segera kita salurkan setelah melewati masa karantina,” katanya Rabu (11/12).

Komitmen bantuan tersebut tepat sasaran serta menghindari penyalahgunaan anggaran oleh pihak rekanan terhadap paket proyek menyerap Rp 8,8 Milyar uang rakyat tersebut. Pelaksanaan paket pengadaan bebek, pihaknya menggandeng Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Tenggara.

“ Bantuan bebek ini sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat tani kususnya peternak dan upaya pemerintah dalam meciptakan lapangan kerja baru didaerah sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Aceh Tenggara Raidin – Bukhari. Bahkan Komitmen kita pada tahun 2020 Aceh Tenggara menjadi daerah penghasil telur bebek terbesar di Provinsi Aceh,” kata Asbi.

Setelah melalui Proses yang panjang, penyaluran bantuan ini sendiri sudah dilakukan sejak awal Juli lalu. Dengan jenis bebek di berikan kepada penerima mamfaat yaitu jenis bebek Mojo Sari, dengan spesifikasi umur 3 hingga 4 bulan dan berat badan 1,2 Kg hingga 1,4 Kg.

” Pemerintah Aceh Tenggara berkomitmen, Awal tahun 2020 daerah ini akan menghasilkan 60 ribu telur bebek perhari. Dan menjadikan daerah kita sebagai kabupaten Swasembada telur bebek,” Kata Wakil Bupati Aceh Tenggara Bukhari Buspa, saat menyerahkan bantuan Bebek Petelur kepada kelompok Tani di Desa Lawe Dua, Kecamatan Bukit Tusam Aceh Tenggara.

Adapun setiap kelompok dijatahkan 500 ekor bebek, dengan ketentuan kelompok penerima telah melalui Ferivikasi dan direkomendasi oleh tim di bentuk Pemerintah. (VAL)